Kabar Terkini

Musicanova Lalui Waktu


Perjalanan waktu, melewati masa, adalah topik konser Musicanova Chamber Choir yang dipimpin oleh Ivan Yohan, Minggu malam 20 Juli 2008. Pertunjukan dengan tema “Time After Time” ini mengangkat dua zaman musik yang berbeda, Barok dan Modern, dua zaman yang dipisahkan selama 250 tahun.

Barok diwakili oleh dua pilar awal dan akhir zaman itu, Monteverdi yang membuka dan J.S. Bach yang diklaim publik sebagai penyempurna gaya musik era tersebut.

Musicanova membawakan dua nomor contrafactum dari madrigal Monteverdi, kini berjudul “Gloria tua” dan “Ure me, Domine”. Dan dilanjutkan dengan karya motet untuk dua paduan suara (double choir) dari Bach, “Fürte dich nicht, ich bin bei dir” BWV 228, “Ich lasse dich nicht du segnest mich denn” BWV Anh. 159. Dan “Komm, Jesu, Komm” BWV 229 menjadi titik fokal puncak menjelang waktu turun minum.

Musik barok yang mengisi seluruh bagian pertama konser ini, secara umum dibawakan dengan tertata rapi. Kejelasan diksi menjadi suatu nilai tersendiri, terlebih didukung oleh akustik Goethe Haus yang cenderung kering dan mendetail. Penyampaian musik pun cukup baik, mengingat karya double choir bukanlah karya yang mudah untuk dikelola.

Namun perlu diingat juga dibutuhkan keseimbangan dua warna di kedua paduan suara ini untuk menunjukkan unitas dari kedua pecahan koor yang setara ini. Kala itu, warna koor I selalu terdengar lebih terang dan menonjol dari koor II, entah ini adalah sesuatu yang disengaja atau tidak.

Selain itu, vertikalitas yang menjadi unsur penting musik barok kurang terasa, terutama di bagian wanita. Karenanya disiplin ritmik yang memacu dinamisme karya seringkali terkompromisasikan.

Basso continuo pun turut serta mengiringi seluruh nomor babak ini. Cello berperan dengan baik. Helaan nada terangkai dengan presisi yang baik dan sensitif sekaligus indah. Organ pun berperan cukup sentral, hanya saja proyeksi yang dihasilkan agaknya terlalu kecil, sehingga belum mampu mengangkat ensemble secara umum.

Era Modern menjadi menu kedua persembahan paduan suara yang lahir tahun 2004 ini. Kali ini, dengan balutan busana hitam dan merah, paduan suara terlihat dan terdengar berada di zona nyaman mereka dipadu dengan kepercayaan diri yang semerah kostum mereka malam itu.

Karya Samuel Barber, György Ligeti, Joszéf Karai, Einojuhanni Rautvaara dan Jaakko Mäntyjärvi adalah komposer yang diangkat di babak kedua ini.

Kali ini tanpa iringan, Musicanova bersama konduktor Ivan Yohan menunjukkan superioritasnya dalam kekayaan warna dan penguasaan harmoni. Fleksibilitas pun terkelola dengan teliti dan terukur, ringkas dan juga padat.

Pujian perlu diberikan pada male section yang berjumlah 15 orang dari paduan suara dengan 31 orang personil ini. Solid dan berkarakter namun seragam menjadi nilai lebih bagi mereka Mereka pulalah yang menyusun lembutnya susunan harmoni pada karya Karai yang diperuntukkan bagi male ensemble dan menjadi tulang punggung karya lainnya.

Ditutup dengan karya Jaakko Mäntyjärvi Pseudo – Yoik yang meriah, Musicanova mempersembahkan aransemen 4 suara “Little” Fugue dalam G minor untuk organ yang menarik dan familiar.

Ternyata empat tahun bagi paduan suara kamar ini adalah waktu yang pendek namun sekaligus mematangkan. Konser ini adalah suatu pengalaman unik tersendiri.

~ This performance will be continued at GSG Unpar Bandung, 22 Juli 2008, pk. 20.00. For more info please contact 0811 229252, 0878 21092254.

About mikebm (1339 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

6 Comments on Musicanova Lalui Waktu

  1. hiks hiks hiks

    i missed it!!!!

    just found this post at my blogsurfer and then realized, damn, i missed musicanova’s concert

    padahal udah ditulis di kalender (kalender meja sih, bukan kalender hp)

  2. Majulah Musicanova…!!!

  3. @rerere berarti laen kali musti ditaruh di kalender hape….

    @farika selamat datang ya di blog ini…

  4. pengen banget deh nonton..
    seandainya tak banyak tugas..huff..
    btw.dah lulus ya?hehe
    selamat..

  5. mo donk lebih tahu tentang paduan suara

    THx

  6. @etenta… mungkin bisa ikut bergabung di milis indonesian_choral_lovers ada di yahoogroups… banyak ilmu yang bisa dipelajari di sana… salam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: