Kabar Terkini

Derap Langkah Unduh Melindas Album


Album musik telah menjadi bagian integral dalam perkembangan industri musik sejak awal mulanya. Album musik dengan jajaran lagu-lagunya telah menjadi primadona. Namun dengan bangkitnya musik digital dan akses download yang semakin terbuka, apa jadinya konsep pembuatan album dalam industri musik kita?

Album musik telah menjadi suatu bentuk paket tersendiri dalam distribusi musik. Sebuah keterbatasan media lantas berkembang, bahkan menjadi konsep seni dalam industri musik itu sendiri.

Kita melihat bahwa berbagai medium muncul sebagai alat penyimpanan musik. Dan semenjak adanya industri musik, LP lah yang menjadi primadona. Distribusi pun akhirnya dikuasai medium ini.

LP pun berkembang, kapasitasnya pun bertambah, akhirnya muncul suatu anggapan bahwa kapasitas LP yang besar ini haruslah dimanfaatkan secara optimal, sembari mengurangi ongkos produksi. Anggapan inipun berarti semakin banyaknya lagu dalam satu LP, semakin kecil pula ongkos pembuatan album, penyalinan dan distribusi piringan hitam ini per lagunya.

Sejak saat itulah saya percaya bahwa konsep album pun muncul dan terus menurun sampai media saat ini, yaitu kaset dan DVD.

Konsep album ini pun akhirnya mempengaruhi proses berkesenian dari musisi-musisi ini. Album kini menjadi suatu pemaketan yang mendapat perhatian yang tersendiri.

Album sering kali dirancang tidak hanya memperhatikan aspek visual, tetapi juga memperhatikan aspek musikal terutama. Album disusun sedemikian rupa untuk mengakomodasi aspek seni. Pemilihan lagu yang dimasukkan sampai dengan pemilihan urutan lagu menjadi perhatian tersendiri.

Hal lain yang muncul adalah juga album dapat pula membentuk tema dari kumpulan karya tersebut yang seringkali tercermin dari judul tematik album tersebut. Banyak pula seniman menelurkan berbagai konsep dan menelurkannya dalam album yang dibuatnya.

Yang jelas adalah bahwa album telah membuat para musisi rekaman bekerja seperti layaknya melakukan penampilan. Album pun akhirnya juga mengubah konsep musik rekaman, bahkan mendefinisikan konsep musik rekaman itu sendiri.

Kala ini, download atau unduh berhasil mensegmentasi musik rekaman. Musik sekarang tidak perlu lagi dipaketkan dengan cara tertentu untuk memperendah biaya produksi. Distribusi musik menjadi suatu kegiatan mudah yang mengandalkan sambungan internet dan komputer.

Karya pun bisa diunduh cepat satu per satu dan tidak mengharuskan pecinta musik untuk membeli seluruh album untuk menikmati lagu-lagu tertentu. Paket album telah memaksakan penggemar untuk membeli album padahal hanya satu-dua saja karya yang sebenarnya ingin ia dengarkan.

Dengan download, semua keresahan ini hilang seketika. Anda dan saya tinggal memilih lagu mana yang ingin kita download, lagu-lagu yang tidak menarik tidak usah digubris.

Pasti, metode ini telah mengurangi jumlah penjualan album konvensional musik. Untuk apa membeli sebuah album untuk menikmati dua-tiga lagu favorit kita dengan harga duabelas lagu?

Seperti konsep album telah mengubah industri rekaman, gaya eceran seperti ini pun juga hampir pasti mengubah dunia ini. Musisi pun terdorong untuk tidak lagi mengandalkan album dan tidak lagi menempatkan album sebagai salah satu tujuan artistik.

Cara kerja musisi pun juga tidak akan begitu terkotak-kotak, dari album ke album, melainkan secara kontinu bersambung dan dapat dipantau melalui situs download mereka. Makin mengalirnya arus informasi, menandakan juga semakin mengalirnya informasi yang diberikan kepada penggemar.

Yang dahulu hanya mengandalkan berita-berita terbaru, sekarang berita tersebut dilengkapi dengan karya dari musisi itu. Aliran kreativitas si musisi pun akan dapat tersampaikan dengan nyaris real-time, dilihat dari upload hasil lagu ke lagu musisi, dan tidak lagi menunggu suatu album rampung.

Download ini jelas akan mengubah peralbuman industri kita.

Pictures:

About mikebm (1339 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

1 Comment on Derap Langkah Unduh Melindas Album

  1. Yep, begitulah kenyataan yg ada dan tak bisa dikendalikan. Era digital telah melakukan perubahan yg sangat besar dalam segala hal tanpa bisa dikontrol. Namun usaha dalam mengatur itu semua paling tidak dapat meminimalisasi kerugian yang ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: