Kabar Terkini

Pengajar Berserikat? Mungkin


~ tergerak melihat artikel nytimes ini.

Ternyata membuat serikat bukan hanya terjadi pada buruh-buruh pabrik. Guru dan dosen musik pun ternyata juga membuat serikat guru dan Manhattan School of Music sedang dalam proses mendirikannya.

Mannes College the New School for Music dan the Lucy Moses School sudah membentuk serikat pengajar sebagai perwakilan para pengajar di depan pimpinan sekolah musik. Tapi apa arti semua fenomena ini?

Hanya ada beberapa alasan mengapa sampai pengajar di suatu sekolah berserikat untuk membela kepentingannya.

Yang utama adalah pengajar tidak menerima penghargaan yang layak dari sekolah. Ya, penghargaan ini tidak harus berupa uang. Sekedar pengakuan atas kerja keras pengajar yang telah meluangkan waktu untuk menghidupkan aktivitas sekolah malahan justru penghargaan sangat dibutuhkan.

A trade union or labour union is an organization of workers who have banded together to achieve common goals in key areas such as wages, hours, and working conditions, forming a cartel of labor.

~wiki

Tidak mendapat penghargaan yang layak ini seringkali berasal dari perspektif si penyedia lapangan kerja terhadap pekerja-pekerjanya, dalam hal ini para staf pengajar musik. Yang jelas telah terjadi sedikit segmentasi di antara pengajar dengan pihak sekolah.

Pengajar merasa berbeda dari pihak sekolah dan begitu juga sebaliknya, pihak pengelola sekolah merasa bukan bagian dari pengajar sehingga komunikasi melalui chain of command menjadi suatu hal yang sulit.

Saling keterlibatan yang minim antara kedua aktivitas yang dilakukan dua kubu ini seringkali juga berkontribusi pada keinginan untuk berserikat. Pemisahan bidang teknis pengajaran dengan bidang manajemen, dan minimalisasi peranan pengajar dalam struktur manajemen strategis sekolah seringkali berujung pada semakin meruncingnya perselisihan.

Maka dari itu, serikat walaupun baik, tetapi sebenarnya adalah cerminan betapa pihak pekerja tidak diikutsertakan dalam suatu bisnis sehingga ia harus berserikat dulu, baru kemudian dianggap ada. Ini adalah juga cerminan betapa lemahnya relasi seorang pekerja dengan si atasan. Selain itu ketidakberpihakan manajemen juga terlihat dari adanya suatu serikat.

Maka dari itu pengakuan dan relasi antara manajemen dan pekerja adalah suatu hal yang mutlak selalu dijaga, dan ternyata Faculty Union itu sangat mungkin terjadi.

Kalau Anda mengelola sekolah musik, hanya satu saran saya, binalah hubungan baik dengan staf-staf pengajar Anda. Kalau Anda pengajar, apabila keadaan mendesak, serikat dosen pun bukan langkah yang buruk….

Pictures:

About mikebm (1339 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: