Kabar Terkini

How It’s Made: Violins


An interesting and informative video on violin making. A piece of musical instrument is definitely a work of art also.

I’ll be posting this kind of videos from Youtube in the next several weeks. By the way, it is made by Discovery Channel.

About mikebm (1164 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

7 Comments on How It’s Made: Violins

  1. nice video😀 melihat rumitnya proses pembuatannya bikin kita lebih menghargai alat musik kita. jadi inget biola yg ditinggal dirumah…😦

  2. kalo stradivarius gimana ya???

  3. @livergirl
    thanx… wah, livergirl maen biola ya?

    @rerere
    stradivarius bikinnya gak beda kok…. kabarnya yang bikin beda suaranya adalah ukuran, dan bahan, serta mungkin sedikit alterasi proses… suhu dsb…

  4. hehe iya gw dulu main waktu masi di indo. skarang uda kaku😛

    numpang komen ya ke rerere,
    memang pada dasarnya proses pembuatan violin tuh similar. tapi banyak banget variabel yang membedakan violin maker yang satu dengan yang lain, baik yang umum, bahan (=> jenis kayu), varnish, dan juga hal-hal ‘kecil’ seperti bentuk & ukuran f-holes, “motif” di bagian belakang violin, dan bahkan posisi 4 pin tempat mengaitkan strings.

    semoga ikut membantu menjawab🙂

  5. tommy musicasa // 25 Oktober 2008 pukul 5:44 am //

    Juga ramuan lem yang katanya sangat dirahasiakan.

  6. tommy musicasa // 25 Oktober 2008 pukul 5:48 am //

    Di sekolah musik Amadeus lagi ada violin maker yang berkala datang ke Indonesia. Dia yang benerin biola2 anggota Wienerphilharmoniker. Oleh Amadeus dibikinin bengkel dalam sekolahnya, kayak akuarium jadi kita bisa lihat dianya sedang ngapain. Tapi nampaknya sudah full jamnya dia, jadi ngantre.

  7. @livergirl
    iya, karena deviasi bentuk2 itu… itu juga mungkin yang bikin bukan cuma beda violin maker, tapi 1 violin maker bisa bikin bermacam violin yang beda…. udah kayak mbatik kain aja…

    @tommy
    hohoho… akuarium ya mas? kayaknya seru tuh kalo dilihat2…. tapi kasihan juga ya kalo ditontonin melulu… hehehe
    kalo lem gimana mas? soalnya kan ada beberapa kan kalo direparasi lemnya dilem lagi sama yang violin maker yang tukang reparasi… (jadinya kan gak asli), mustinya itu pengaruh ke suara juga kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: