Kabar Terkini

Sumpah Pemuda


Kemarin tepat 80 tahun yang lalu, sebuah konferensi pemuda berlangsung di Jakarta, dan hari ini seperti yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia adalah Hari Sumpah Pemuda, saat ketika sekumpulan orang-orang muda dari berbagai daerah di Indonesia memproklamasikan diri sebagai pemuda dan orang Indonesia.

Saat itu, ada kesamaan visi untuk meruntuhkan batas-batas kesukuan, suatu batas yang sampai dengan detik ini masih belum dapat diruntuhkan sepenuhnya. Sebuah kegagalan ataukah sebuah proses?

Lantas buat apa A Musical Promenade menulis post ini? Karena tidak bisa dipungkiri juga bahwa lagu kebangsaan Indonesia Indonesia Raya diperdengarkan pertama kali pada konferensi ini dalam alunan biola W.R. Supratman. Dengan teks yang dibagikan, seluruh peserta konferensi mendengarkan dengan seksama tanpa diperbolehkan menyanyikannya dengan lantang.

Pada saat inilah karya ini diamini sebagai lagu kebangsaan Indonesia. Hari ini jugalah lahir sebuah lagu kebangsaan Indonesia yang menyertai bangsa Indonesia, yang bertanah air Indonesia dan berbahasa Indonesia. Di Jl. Kramat Raya 106, Jakarta Pusat, 80 tahun yang lalu, Indonesia Raya berkumandang….

PS: Saya mengambil footage di atas karena menurut saya, Indonesia Raya kala itu adalah yang membuat saya paling merinding dan menyembabkan mata… walaupun tidak semua supporter bola penyanyi ulung, tapi paling berkesan di antara semua video Indonesia Raya di Youtube….

About mikebm (1339 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

2 Comments on Sumpah Pemuda

  1. waah… footage-nya diambil dari Piala Asia di Jakarta kemaren ya? 😮

    nice one. btw, kalau suka nonton bola (terutama internasional), sesi lagu kebangsaan sebelum pertandingan itu entah kenapa seperti punya efek menaikkan tensi di stadion (dan di rumah juga, lewat televisi). biasanya sih pas Piala Dunia atau Euro kemarin… sayangnya, kayaknya sepakbola Indonesia masih jauh kalau mau sampai ke level itu.

    eh iya mike, jadi kepikiran. konon katanya ‘Indonesia Raya’ itu termasuk salah satu national anthem terpanjang di dunia… bener nggak sih?

  2. kabarnya sih begitu…. terutama karena tempo maetosonya itu kan…. lagian juga syairnya juga panjang… hehehe…. tapi paling panjang itu katanya yunani (CMIIW) ada 158 stanza, tapi yang resmi cuma 2 masing2 stanza 4 baris….

    kalo indonesia raya kayaknya 1 stanza aja udah panjang… lebih dari 8 baris kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: