Kabar Terkini

Musik Baru dan Pendidikan


~ sejalan dengan masuknya Dudamel ke LA Phil, dan sorot menyorot El Sistema

elsistema4

Beberapa waktu lalu sempat saya menyorot program yang begitu hebat dari Venezuela, El Sistema, dalam 3 tulisan. Terpikir kembali seberapa jauhkah kita tertinggal dari negara Amerika Latin tersebut dan teringat pertanyaan sampai kapan musik baru akan terus tertinggal dan ditinggalkan (pertanyaan Bung Andreas).

Saya rasa kuncinya adalah seberapa bermutukah pendidikan seni musik di tanah air. Apabila pendidikan seni musik memegang peranan penting, dengan suka rela masyarakat akan mendukung majunya jenis kesenian ini.

Yang menjadi perhatian kita adalah bahwa musik dengan mutu pendidikan seni yang sekarang kita miliki dapat dikatakan hanya dimiliki oleh mereka yang berpunya. Cobalah Anda berjalan di lorong-lorong sekolah musik, ataupun kebanyakan sanggar pelatihan musik, bahkan termasuk universitas-universitas yang menyediakan musik sebagai jurusan perguruan tinggi.

Dapat Anda perhatikan juga orang-orang yang melangkahkan kaki untuk masuk ke dalam gedung-gedung konser di ibukota Jakarta ini. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang memang sudah berkecukupan. Dari gaya berpakaian pun Anda dan saya sudah bisa melihat dengan jelas bahwa persebaran penonton konser hanya di sekitar itu-itu saja.

Jarang sekali kita lihat musik-musik Barat ini bersentuhan langsung dengan orang-orang di tanah air. Harus diakui bahwa Indonesia bukanlah negara yang berakar pada kebudayaan Barat dan kita juga sudah cukup kaya dengan budaya sendiri.

Tetapi apabila masyarakat bawah tidak pernah menyentuh bentuk kesenian ini, atau notabene kesenian yang aksesibilitasnya rendah, sulit rasanya menemukan mereka yang mau mendukung kegiatan kesenian ini, termasuk dari lingkungan elit di atasnya.

Terlebih apabila kita berbicara tentang perkembangan musik baru dan sarana pendukungnya, akan sangat jauh lebih sulit.

music-class

Tapi kunci utama memang pendidikan. Hanya dengan pendidikan yang bermutu yang menyentuh seluruh kalangan, perlunya musik baru akan terasa. Apabila semua orang tahu bahwa musik baru jenis ini memang ada, tidak mustahil mereka yang memang berkecukupan mau mendukung perkembangan musik baru ini.

Memang belum ada bukti nyata bahwa dengan meratanya pendidikan musik untuk segala kalangan dapat meningkatkan apresiasi musik baru. Kita pun menyadari bahwa untuk mewujudkan pemerataan itu sungguh sulit.

Tapi paling tidak bila pemerataan ilmu memang berhasil diwujudkan, dan persebaran musik ditingkatkan setidaknya keingintahuan akan perkembangan musik baru ini akan muncul. Menghadiri dan mendukung pagelaran musik tidak lagi menjadi tujuan prestise semata, tetapi menjadi suatu kesadaran bahwa kesenian harus dijaga dan dipertahankan.

Musik baru memang frontier musik kita, yang sering kali terlupakan bahwa mereka ada. Untuk itu mari kita tingkatkan aksesibilitas musik kita untuk kemajuan bersama.

Pictures:

http://www.ffhe.org/images/Bermejillo2007_9.jpg

http://www.el-sistema-film.com

About mikebm (1339 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

1 Comment on Musik Baru dan Pendidikan

  1. Berarti gw dan kawan2 memang harus meningkatkan frekuensi pementasan kami di Jakarta dan lingkungan kami yah…

    Denger-denger juga temen2 di Yogya (ArtMusicToday) rutin bikin pentas di lingkungan rumah (kantor) mereka, walau masyarakat sekitarnya belum tentu ngerti musik baru yang mereka buat. Tapi dengan rutinnya mereka bikin pentas, maka penduduk makin ngerasa dekat dengan musik itu. Makin ngerasa kalo itu memang bagian dari hidup mereka, menginspirasi kebudayaan mereka pula.

    Saling mengambil inspirasi dari apa yang ada di masyarakat, dan sebaliknya menginspirasi masyarakat lewat karya-karyanya.

    Makasi banyak Bung Michael!

    oya, situs web The Circle uda bisa diakses, hehe..numpang promosi..

    http://www.thecirclemusic.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: