Kabar Terkini

Langkah Untuk Bertahan


~mendapat kabar artsjournal.com

Zaman memang sedang menggencet banyak organisasi. Telarc minggu kemarin mengumumkan akan tidak akan lagi memproduksi rekaman sendiri. Namun tampaknya ada juga yang dilakukan oleh institusi lain karena krisis ini, salah duanya adalah Metropolitan Opera dan Petrof piano.

metoperawide

Di kala banyak group lain membatalkan pertunjukan, Metropolitan Opera New York malah meminjam uang dari JP Morgan Chase dan menjaminkan mural yang menghiasi dinding gedungnya dengan seharga US$35 juta. Dua mural karya Marc Chagall ini dijadikan jaminan untuk memberikan masukan tambahan di anggaran Met yangberkisar US$ 290 juta.

“The Triumph of Music” dan “The Sources of Music” ini adalah mural besar yang menghiasi dinding dalam gedung dan salah satu karya seni penting di New York. Dua lukisan ini dapat dilihat dari tengah lapangan di Lincoln Center.

Met sendiri menyatakan bahwa institusi ini tidak berniat kehilangan lukisan-lukisan raksasa ini dan penggadaian ini hanya bersifat sementara. Dikabarkan pinjaman ini digunakan untuk biaya operasional tahun ini. Selain itu, untuk menjaga keberlangsungan Metropolitan Opera ini, Peter Gelb selaku general manager, juga memutuskan untuk memotong gaji penyanyi sebesar 10%. (berita lengkap sini)

Lain lagi dengan industri manufaktur piano Petrof, sebuah merek piano Ceko yang cukup ternama. Penurunan hampir 50% dari target penjualan di tahun-tahun sebelumnya ternyata juga mengancam keberadaan Petrof. Disinyalir akan ada lebih dari separuh jumlah pegawai mereka yang sekitar 390 orang akan kehilangan pekerjaannya pada semester depan.

Untuk bertahan hidup, Petrof yang dahulu banyak mengekspor piano ke Amerika dan Eropa yang terkena dampak krisis memutuskan untuk melakukan diversifikasi bisnis. Matang di bisnis perkayuan, Petrof memutuskan untuk memasuki bisnis furnitur, bisnis pertama Petrof sebelum disulap menjadi manufaktur piano di tahun 1865.

petrof-pianoPetrof sendiri sekarang menggunakan teknologi pembuatan piano untuk membuat furnitur kelas satu yang mungkin lebih laku terjual. Meja rapat, kitchen set, termasuk meja bar merupakan salah satu produk furnitur yang sekarang mereka geluti untuk mempertahankan perusahaan ini. (berita lengkap sini)

Iklan
About mikebm (1335 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

2 Comments on Langkah Untuk Bertahan

  1. Ntar kalau Yamaha juga bangkrut, mungkin juga bikin furniture … lucu juga … tapi siapa mau beli …

  2. Mas, Yamaha lebih jago dalam hal bisnis hahaha… mereka sudah diferensiasi bisnis duluan dengan industri motor dan mesinnya… lambang yamaha di piano dan di motor kan sama hahaha…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: