Kabar Terkini

Pendekatan Publikasi Baru Pertunjukan


facebook-faces

Kita tahu bahwa viral marketing yang dilakukan dari mulut ke mulut adalah suatu hal yang penting dilakukan terlebih di dunia pertunjukan seni seperti seni musik.

Selama ini seringkali publikasi konser dilakukan dengan menyebar e-mail ke milis-milis penggemar musik. Tapi nampaknya baik di Indonesia maupun luar negeri kecenderungan ini sudah mulai berubah, atau lebih tepatnya sudah bermetamorfosis.

Memang e-mail atau pun lembaran poster masih sering kita temui. Tapi tampaknya ada kecenderungan baru nampaknya adalah viral marketing kita saat ini. Facebook, Twitter dan situs serupa tampaknya telah menjadi suatu media baru dalam melakukan marketing dari mulut ke mulut walaupun sebenarnya bersifat tertulis.

Akhir-akhir ini semakin banyak saya melihat pemberitahuan konser melalui Facebook Event, sebuah situs jejaring yang semakin populer di dunia. Setiap undangan disebar melalui fitur ini ke banyak pengguna Facebook. Dan setiap pengguna bisa memilih apakah dia akan menghadiri ataupun masih menunggu kepastian untuk menghadiri event tersebut. Sebuah cara yang unik memang.

twitter-logoUntuk Twitter mungkin memang masih belum begitu populer di Indonesia. Jejaring yang dibina berdasarkan shoutout, komentar pendek atau mikroblogging ini memang masih belum menyentuh banyak orang di Indonesia. Tapi di AS, banyak mereka yang menyebarkan info pertunjukan untuk kalangan dekat melalui situs-situs serupa.

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah seberapa efektifkan viral marketing ini dalam publikasi suatu pertunjukan. Sejauh manakah kemampuan Facebook dan Twitter mengundang kandidat penonton untuk datang pada suatu pertunjukan. Mungkin pembaca ada yang ingin berbagi pengalaman?

Picts:

About mikebm (1339 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: