Kabar Terkini

Demam Panggungkah?


Apakah Anda pernah mengalami demam panggung? Apalagi Anda adalah seorang penampil, masihkah Anda mengalami demam panggung?

human-mind

Ini adalah kenyataan yang kita hadapi bersama, seprofesional apapun penampil sangat besar kemungkinan dia akan terserang demam panggung baik dalam skala besar maupun kecil. Dan itu adalah suatu hal yang normal, yang dihadapi semua orang yang merasa harus memberikan yang terbaik pada pertunjukan yang ia ikuti.

Banyak cara yang dilakukan untuk menahan demam panggung, banyak di antara cara tersebut adalah alterasi kondisi spiritual baik berupa meditasi pendek ataupun melafal doa. Ada pula yang mencoba mengubah mindset untuk mengurangi ataupun meniadakan demam panggung.

Permasalahan besar terjadi apabila penampil menggunakan cara yang kurang baik dalam menangkal demam panggung. Seperti terjadi di Inggris, terjadi kecenderungan musisi orkestra menegak sedikit minuman keras sebelum ataupun ketika tampil untuk mengurangi kecemasan yang mereka rasakan.

Mungkin saja minuman beralkohol memang menghangatkan tubuh, tetapi ada kecenderungan beberapa musisi memilih minum untuk sedikit melupakan ketegangan mereka dengan sedikit mabuk. Bahkan ada kabar bahwa seorang pemain perkusi terjatuh dari panggung karena ia terlalu mabuk untuk bermain.

pill_bottle_and_pills1

Sisi negatif lainnya adalah penggunaan beta blocker atau obat anti stres. Obat ini adalah obat beresep yang dapat menurunkan denyut jantung dan kecepatan respirasi, dan berfungsi sebagai sejenis obat penenang. Cukup banyak orang mengkonsumsi obat anti kecemasan ini untuk mengurangi kecemasan mereka menghadapi pertunjukan.

Kabarnya di Inggris pun belum ada penelitian seberapa jauhkan penggunaan 2 hal ini di kalangan seniman panggung (lihat sini). Namun masalah yang dihadapi adalah terjadinya semacam ketergantungan akan manfaat zat-zat ini.

Cukup banyak yang akhirnya bermasalah karena sangat tergantung pada minuman atau pun beta blocker. Dan beta blocker nampaknya cukup memprihatinkan karena efek buruk langsungnya tidak terlihat seperti pada mabuk apabila meminum alkohol. Dan ini yang nampaknya banyak menggoda musisi di belahan dunia sana untuk mencoba dan menggunakannya.

alcoholic-beverage

Namun bagaimanapun kita semua sadar bahwa adalah suatu nilai minus yang amat besar apabila seorang penampil tidak mampu menjinakkan pikirannya sendiri dan melawan kecemasan yang sebenarnya adalah bagian integral dari resiko pekerjaannya dan malah mengandalkan alkohol ataupun obat anti depresan.

Semoga saja kita tidak menemui fenomena ini di panggung Indonesia. Mungkin Anda bisa berbagi bagaimana cara anda menangani kecemasan dan demam panggung…

Pictures:

About mikebm (1339 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: