Kabar Terkini

Gilbert dan Ulasan yang Membuat Iri


New York Philharmonic baru saja mengadakan konser perdana di tahun pertunjukan yang baru 2009-2010 yang sekaligus merupakan penampilan perdana Alan Gilbert sebagai direktur musik NY Phil. Namun bukan hal ini yang ingin saya soroti, tapi bagaimana media massa di AS sana menanggapi konser tersebut lewat ulasan-ulasannya.

Ulasan-ulasan tersebut pun cukup beragam, ada yang memuji, ada yang menyayangkan, ada yang kurang terpuaskan. Silakan dibaca di sini:

Tulisan-tulisan ini adalah kesan hanya terhadap satu buah konser yang memang cukup monumental untuk belantara musik klasik AS. Tapi yang sebenarnya menarik untuk disimak adalah banyaknya media maupun perorangan yang peduli dan  berbaik hati menuliskannya untuk sarana diskusi bersama baik di artikel NY Times ataupun di blog-blog wartawan dan juga blog musisi. Tentunya kekayaan dan kepedulian seperti ini yang membuat kita iri.

Sekarang, apakah kita mampu menggeliatkan dunia jurnalisme musik di Tanah Air? Baik menggenjot pemahaman dan apresiasi seni lewat tulisan maupun memaklumi perbedaan pendapat itu sendiri? Atau banyak dari kita merasa berjalan sendiri-sendiri tanpa ada yang mau berdiskusi? Mari kita menjawabnya bersama…

Picture:
LA Times

About mikebm (1339 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: