Kabar Terkini

Ketika Lagu Bagus Dirating Komputer


~dari npr

boolean numbers

Apa artinya apabila sebuah komputer mampu mengidentifikasi kualitas sebuah karya seni? Ya, baru-baru ini memang muncul program untuk mengenali apakah suatu lagu dapat dikategorikan sebagai lagu bagus dan juga laku di pasaran.

Ya, sebuah perangkat lunak sekarang mampu menganalisa suatu lagu dan menilainya apakah lagu tersebut akan laku atau tidak. Perangkat lunak itu sendiri membandingkan sifat-sifat dari karya itu dengan ribuan lagu-lagu yang sempat merajai tangga lagu di masa lalu. Dengan kekuatan komputasi, program tersebut akan memberikan rating apakah sebuah lagu layak laku di pasaran.

Terdengar sederhana dan tak berbahaya, tapi tampaknya tidak demikian. Walaupun banyak orang menulis musik untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan musik tersebut dan tentunya dengan sistem ini, mereka akan terbantu; namun pada umumnya musik bukanlah sesuatu yang dengan mudahnya dihakimi baik-buruk berdasarkan perhitungan matematis seperti itu.

Perhitungan berdasarkan musik-musik populer pada akhirnya akan menghasilkan musik-musik yang populer yang sebenarnya hanya merupakan turunan belaka dari musik-musik terdahulu yang menjadi acuan. Dan akhirnya hanya sebuah pengulangan-pengulangan yang tidak berarti di sisi inovasi musikal. Pada akhirnya mesin seperti ini memang tidak bisa memprediksi sebuah karya dengan potensi tinggi di pasar namun memiliki ciri yang berbeda sebagai hasil dari kreativitas berani komponisnya.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah kita ingin menyerahkan kreativitas dan inovasi yang kita lahirkan pada sebuah perhitungan mesin? Ataukah kita ingin menyerahkan selera musik kita hanya pada perhitungan rating musik dengan angka 1-10?

Karena kala itu terjadi, musik populer sudah jatuh ke tangan mesin.

~ jadi ingat terminator 3

Terminator_Robot

pict:

http://www.fisk.edu/images%5Ccomputerscience%5Cmain1.jpg

http://cache.gizmodo.com/assets/resources/2007/12/Terminator_Robot.jpg

About mikebm (1339 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

5 Comments on Ketika Lagu Bagus Dirating Komputer

  1. Teringat masa-masa dimana Laser Disc Player masih populer 15an tahun yg lalu…ada sejenis Player yang memiliki fungsi Karaoke yang mampu memberikan nilai 0-100 untuk orang yang bernyanyi menggunakan mic yang dicolok di player tsb.

    Laku belum tentu bagus…dan yang bagus belum tentu laku…dan saya pesimis kalo software yang dimaksud bisa dengan akurat menganalisa bisa tidaknya lagu tersebut laku…lagu yang berorientasi pasar…tentu saja mengandung banyak aspek yang menentukan mis: cara pemasaran (marketing), target pasar selain dari pada teknik vokal semata.

  2. bagus = populer? 🙂

  3. @yanto: sepakat sekali, pada akhirnya di dunia musik pun marketing yang memegang peranan yang penting…

    @ra: not really… but saat ini kita lebih sering melihat notion seperti itu seakan benar bukan?

  4. depends, dari segi bisnis? =)
    lagu bagus ya lagu yang bagus di pasaran…

  5. n btw, maksud komen gw yang pertama adalah buat judul posting-an lo… bahwa yang dirating komputer ya lagu populer… hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: