Kabar Terkini

Jalan Lain Menuju Roma


~setelah membaca artikel ini

Benarkah jalan sukses benar-benar tidak lagi terlihat? Itulah yang akhirnya menjadi pertanyaan utama. Tapi tentu jawabnya jalan menuju sukses itu masih ada. Hanya saja sekarang ini banyak jalan menuju Roma.

Di masa lalu tidak ada cara lain selain membuat demo, memasukkannya ke radio dan pastikan bahwa musiknya disiarkan. Ataupun membuat album terlebih dahulu, mengedarkannya di antara label-label dan memastikan mendapat kontrak yang sepadan dan sukses pun akan mengalir mengikuti.

Jalur bisnis seperti inilah yang akhirnya terombak. Kini tidak lagi cukup dua jalan di atas. Banyak jalan semakin terbuka. Kini pentas-pentas musik skala besar maupun kecil bisa menjadi jalan masuk ke industri musik. Semakin aktif, semakin baik.

Selain itu, keberadaan di dunia maya juga menjadi kunci yang cukup signifikan. Semakin eksis di dunia maya, musisi semakin bisa mendapat sorotan yang lebih baik. Tidak sedikit musisi yang menggunakan twitter, myspace, facebook dan berbagai media online lainnya sebagai cara berhubungan dengan pasar.

Namun ada satu modal penting saat ini yang tidak bisa tergantikan, yaitu kemampuan pemusik untuk tampil live. Bagaimanapun jalan yang diambil, baik dengan demo di radio ataupun di label-label, pentas-pentas dan keberadaan di dunia maya, tetap yang utama adalah kemampuan untuk tampil live.

Beberapa waktu lalu kemampuan tampil live bukan menjadi sorotan utama. Terlalu sering kita tersihir dengan konser besar yang membahana tapi sebenarnya buruk secara penampilan ataupun rendah kualitas pementasan atau bahkan buruk musikalitasnya. Tapi sekarang, semakin sulit penampil-penampil dengan tipe seperti ini.

Saat ini tidak jamannya lagi pentas besar, malahan semakin kecil semakin baik. Musik menjadi semakin personal. Begitu pun dengan penampilan live yang rapih namun mempesona secara skill dibumbui dengan improvisasi penuh cita rasalah yang akhirnya dapat memenangkan hati para pendengar.

Kualitas dan orisinalitas dalam penampilan menjadi kunci utama. Apabila pertunjukan sudah baik, barulah dunia rekaman yang mengambil alih. Toh sudah pasti di saat ini rekaman tidak bisa lagi menjadi pegangan pemasukan secara finansial bagi pemusik. Pertunjukanlah primadonanya sekarang.

Memang banyak jalan menuju Roma dan tidak ada lagi ramuan mujarab untuk ketenaran di dunia musik. Tapi musikalitas tampaknya kali ini akan kembali menjadi nomor 1.

pics:

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: