Kabar Terkini

Amir Pasaribu Telah Tiada


Salah satu tokoh musik Indonesia telah wafat. Amir Pasaribu wafat di Medan, 10 Februari 2010 yang lalu. Beliau wafat di usia 95 tahun.

Amir Pasaribu di sepanjang hidupnya mengabdi melalui musik. Menciptakan berbagai karya untuk piano, musik kamar, Pasaribu adalah tokoh pendidikan musik yang getol dan juga seorang penulis musik yang handal. Berbagai publikasi lahir dari tangannya, ia pun sempat menjadi direktur Sekolah Musik Indonesia di Yogyakarta (cikal bakal ISI Yogya) menandakan bahwa ia adalah pendidik yang peduli terhadap perkembangan pendidikan musik di Nusantara.

Aransemen pertama lagu Indonesia Raya untuk piano lahir dari tangannya, meskipun demikian ia sempat dicap sebagai antek komunis yang mengharuskannya meninggalkan Indonesia untuk bekerja di Suriname sebagai guru musik privat di sana. Setelah kembali ke Indonesia di tahun 1995, di tahun 2004 beliau dianugerahi Nugraha Bhakti Musik Indonesia oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata melengkapi Bintang Budaya Paramadharma yang dianugerahkan Presiden Megawati di tahun 2002.

Sebagai seorang komponis, Amir Pasaribu dekat dengan musik bergaya impresionisme yang banyak bermain dengan warna dan juga lapisan-lapisan musikal. Kebanyakan dari merupakan karya insidentil bercorak sederhana tetapi menuntut kedalaman dan ketelitian yang tinggi untuk memainkannya.

Karyanya pasti akan kita kenang…. Selamat jalan…

Pic: http://www.tamanismailmarzuki.com/tokoh/amirpasaribu_files/image001.jpg

About mikebm (1164 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: