Kabar Terkini

Debat Lagu Kebangsaan


~sebuah pemikiran sesaat

Hanya iseng berandai-andai, melihat bahwa di Kanada sana isu lagu kebangsaan menjadi sebuah wacana yang cukup seru. Hal ini dikarenakan Kanada sedang mempertimbangkan mengganti teks dari lagu kebangsaannya. Apa jadinya apabila itu terjadi di Indonesia?

Yang pasti lagu kebangsaan Indonesia Raya sudah sampai pada taraf yang sangat tinggi dan dikultuskan oleh hampir seluruh rakyat Indonesia.  Sebuah video lama yang menampakkan 3 bait Indonesia Raya saja sempat bikin ribut, walaupun sebenarnya di buku lagu-lagu wajib saja, ketiga bait itu sudah termasuk di dalamnya.

Entah lagu kebangsaan apakah harus diagungkan semacam itu, ataukah memang perilaku itu sudah berlebihan. Namun yang pasti lagu kebangsaan di Indonesia sudah ditetapkan dengan undang-undang. Sejauh apakah kita memandang lagu kebangsaan kita? Apakah memang kita benar-benar menghargainya? Atau hanya sekedar cinta buta tanpa mengerti maksud dan arti dari karya itu sendiri? Dan apabila ada wacana perubahan lagu kebangsaan di Indonesia, apa jadinya?

Apakah ada komentar?

About mikebm (1184 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

2 Comments on Debat Lagu Kebangsaan

  1. kamu mendakwa lagu kebangsaan Malaysia “Negaraku” adalah plagiat dari lagu “Terang Bulan @ Trang Boelan” dari Indonesia. Yang lebih menghairankan, seorang warga kamu , Aden Bachri mendakwa ayahnya Saiful/Shamsul Bachri adalah pencipta asal melodi itu sebelum tahun 1942 dan dirakamkan oleh Pt Lokananta Record pada tahun 1956, setahun sebelum kemerdekaan Malaysia. Juga dongengan yang mendakwa dia pernah mendengar perbualan Sukarno dan bapanya tentang arahan supaya menyerahkan lagu Terang Bulan untuk Malaysia sebagai lagu kebangsaan pada tahun 1960an. Lah,… bukankah sewaktu itu Sukarno sedang asyik mengganyang Malaysia dan melancarkan perang gerila terhadap Malaysia???? Masakan dia berbaik-baik menghadiahkan lagu untuk Malaysia. Lagipun bukan Saiful/Shamsul pencipta asal melodi indah itu. Ianya asal lagu “La Rosalie” gubahan komposer Perancis, Pierre Jean De Beranger (1780-1857). Lagu klasik Mamola Moon di Hawaii juga adalah adaptasi dari karya komposer perancis itu. Pada tahun 1888, ianya digubah menjadi lagu rasmi Negeri Perak (Malaysia), ianya juga 46 tahun sebelum lagu Terang Bulan dihasilkan. Waduh..kalah lagi indon…..Bohong yang nyata indon………mana???? Aden Bachri yang hendak datang ke Malaysia………tiada…….bohong saja……….

  2. Sebagai informasi bagi Anda, saya tidak pernah mendakwa lagu kebangsaan Anda sebagai plagiat. Mohon Anda pertama-tama mencamkan itu.

    Malahan saya mengkritik orang-orang yang terlalu mengkultuskan lagu kebangsaan secara berlebihan seperti yang saat ini Anda lakukan. Padahal dengan jelas Anda dapat membaca tulisan saya, bahwa saya tidak menjelekkan lagu kebangsaan manapun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: