Kabar Terkini

2.2 Juta Penonton untuk Telecast


~ dari Yahoo News

Kalau seperti kondisi seperti ini terus berlanjut, tampaknya Metropolitan Opera akan mempunyai rumah produksi film sendiri yang dikhususkan untuk telecast.

Konsep telecast yang dimulai sejak beberapa tahun lalu tampaknya sudah menjadi komoditas yang cukup menghasilkan di dunia seni opera dunia. Dan tentu saja, Metropolitan Opera New York yang mendapatkan keuntungan yang terbanyak sebagai yang penggagas konsep ini.

Dan di tahun 2009-2010 dengan 9 telecast pertunjukan opera yang disiarkan di berbagai gedung bioskop di AS, Eropa, Amerika Latin, Oceania dan Afrika Selatan, Met berhasil menjual 2.2 juta tiket, sebuah jumlah yang fantastis untuk pertunjukan opera manapun, bahkan untuk sebuah film kelas Hollywood.

Telecast sendiri adalah sebuah teknik perekaman film dan penyiaran opera secara langsung pada sebuah pertunjukan opera tepat di gedung opera tersebut. Adapun terkadang juga dibuat siaran tunda dari rekaman tersebut. Yang istimewa dari rekaman ini adalah penyiaran ini tidak dilakukan melalui televisi, sebuah media yang lebih familiar, melainkan dengan mengadakan siaran langsung tersebut secara High-Definition di bioskop-bioskop secara langsung. Mungkin mirip dengan acara nonton bareng sepakbola di cafe, namun bedanya menonton bareng di bioskop dengan layar lebar dan yang ditonton adalah pertunjukan opera.

Tampaknya keputusan Peter Gelb untuk mengadopsi teknologi untuk penyiaran opera jenis baru ini sudah membuka pasar yang luas untuk inovasi sejenis. Berbagai gedung opera dunia sudah turut mengadopsinya dan kini telecast rupanya sudah menjadi sebuah media standar baru untuk menonton opera.

Pict:
http://operapage.files.wordpress.com/2009/09/metopera_hdlogo_350.jpg

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: