Kabar Terkini

Pakaian di atas Panggung: Serba-serbi


-setelah diskusi pendek dengan pianistaholic

Kostum mungkin menjadi salah satu kekhawatiran tersendiri bagi mereka yang mengakrabkan diri dengan dunia panggung dan pertunjukan. Pemusik pun juga tidak jauh dari urusan penampilan visual dan salah satu aspek penting di dalamnya adalah kostum dan pemilihannya.

Menarik memang, pakaian sebagai bagian dari fashion dan juga memiliki industri tersendiri memiliki pengaruh yang kuat dalam penampilan seseorang, termasuk penampilan pemusik itu sendiri. Pun dari perkembangan industri fashion di abad ke-20, pakaian menjadi bagian dari ekspresi diri yang juga berperan menyampaikan nilai-nilai pribadi dari pemakainya dan tidak lupa perancangnya.

Lantas bagaimana dengan pemilihan kostum pakaian di atas panggung konser? Memang harus diakui, dresscode kebanyakan pemusik bersifat standar dan formal. Tuxedo ataupun jas dengan kemeja putih – seringkali dihiasi dengan dasi kupu-kupu – ataupun kemeja hitam dengan sedikit aksesoris pemanis menjadi salah satu standar di kebanyakan panggung di Indonesia.

Mungkin di beberapa tempat ada sedikit penyimpangan antara lain, pemusik yang tampil kasual dengan celana jeans dan T-Shirt dilengkapi dengan sepatu kets. Namun ini juga tidak tentu menyalahi aturan karena mungkin mereka ingin menampilkan bahwa musik klasik tidak melulu kaku dan formal.

Mungkin lain halnya dengan penyanyi. Penyanyi yang seringkali tampil sebagai solois memang sering memilih pakaian yang lebih bersinar ataupun menarik perhatian penonton. Begitu juga pemilihan pakaian untuk solois ataupun mereka yang tampil sebagai tokoh utama di atas panggung.

Beberapa solois memilih untuk tampil sederhana, dengan pemilihan pakaian yang tidak mencolok mata namun elegan. Ada pula yang memilih untuk tampil dengan pakaian yang lebih berani dengan menampilkan sensualitas dari seniman itu sendiri. Yang lain memilih untuk tampil dengan pakaian mewah dengan penuh ornamentasi, ataupun sekedar memilih warna yang berani dengan potongan dan desain yang tidak biasa.

Itulah kenyataan yang kita temui di panggung konser Indonesia saat ini. Lalu bagaimana kita memilih kostum yang tepat untuk penampilan kita? Kita akan ulas di kesempatan berikut.

bersambung:
Pakaian di atas Panggung: Pilihan

-akhir bagian 1 dari 2

Pict:

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

1 Trackback / Pingback

  1. Pakaian di atas Panggung: Pilihan « A Musical Promenade

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: