Kabar Terkini

3 Soprani Bagai Pelangi


pianis: Cecilia Ratna vokalis (ki-ka): Renna, Sisca, Jessica

Mengamati kisah pertunjukan musik di Jakarta, dapat kita lihat regenerasi yang perlahan namun pasti dari musisi-musisi kita. Perlahan panggung pertunjukan pun dihiasi insan-insan muda yang mencintai musik, suatu kabar yang sungguh menggembirakan bagi insan musik klasik Indonesia. ‘Konser 3 Soprano’ semalam menjadi salah satu contoh nyata dari regenerasi tersebut.

Tiga soprani, Felisia Renna, Jessica Josephine dan Sisca bersama dengan pianis Carla Suharto dan Cecilia Ratna menyuguhkan musik vokal dan piano dari berbagai zaman. Berbagai lieder atau tembang puitik dan cuplikan opera mengisi malam itu. Dan yang menggembirakan adalah setiap soprano berkembang dengan karakter masing-masing yang jelas tercermin dalam kekuatan setiap soprano semalam.

Jessica dengan sopran lirisnya yang bernuansa terang dan lincah tampil dengan repertoar lieder barok dari Purcel. Pun Jessica tampil mengesankan dalam potongan opera yang kaya melisma dan lompatan-lompatan nada yang berani juga penampilan yang teatrikal terutama pada karya ‘Chason d’Olympia’ dari Offenbach dan cuplikan opera ‘The Telephone’ yang mengundang gelak tawa.

Sisca pun lain lagi. Sebagai soprano dramatis, ia muncul dengan karakter kuat terutama pada rentang nada bawah dan tengahnya. Mengusung lieder tradisi Jerman karya Schubert dan Schumann, Sisca berhasil menghanyutkan penonton dalam buaian warna suaranya yang cenderung bulat. Tampil dengan gaya panggung yang minimalis, semua nuansa seakan sudah tersampaikan melalui warna suaranya yang tebal seperti dalam ‘Deh vieni, non tardar’ dari Mozart.

Renna tampil juga dengan cukup mengesankan terlebih dilengkapi dengan spektrum warna suara yang lebih luas dan fleksibel dibanding dua kawannya yang lain. Tampil dengan banyak karya bernuansa melankolik seperti ‘Ein Traum’ dari Edward Grieg dan ‘Ach, ich fühl’s’ dari Mozart, Renna bisa lebih lepas lagi untuk berakting di panggung dan menyampaikan pesan musik kepada penonton.

Ketiga soprano pun saling berkolaborasi dengan apik dalam trio dan juga duet, menunjukkan kepiawaian mereka dalam bekerja sama dalam musik.

Pianis pun tampil mengesankan malam itu, Carla Hartono tampil dengan presisi mantap. Split-second timingnya pun membantu penyanyi dalam attaca yang sulit bagi penyanyi terutama dari segi ritmis. Cecilia Ratna mendukung penyanyi lewat kayanya warna suara piano dan perubahan nuansa yang terukur juga didukung oleh keluwesan teknik yang memadai. Alhasil, penyanyi pun harus lebih peka untuk bisa merespon dengan tepat pianis yang musikal ini.

Konser dari bibit muda ini memberikan angin segar, pun Erasmus Huis disesaki oleh penonton muda. Beberapa memang tampak datang untuk menyelesaikan tugas kuliah ‘Apresiasi Musik’ mereka. Namun melihat wajah-wajah muda, baik di panggung maupun di antara penonton, membuktikan bahwa di Jakarta, musik klasik masih bergeliat dengan sehat.

About mikebm (1163 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

7 Comments on 3 Soprani Bagai Pelangi

  1. terimakasih sudah menonton konser kami semalam.. semoga menghibur danterimakasih juga untuk review nya

    regards,
    jessica josephine

  2. if u don’t mind i’d like to share this on fb so that the other 2 soprano could see this.. thanks

  3. Silakan bu jessica… My pleasure..🙂

  4. panggil jeje aja hehhee

  5. makasih banyak review nya ya..^^

  6. Thanks for coming^^, and for the review… Hope to see you in the next concert…

    Cheers!
    -sisca-

  7. Wahh… Vokalisnya main ke sini..😀 terimakasih juga untuk musik yang sudah dibagikan..

1 Trackback / Pingback

  1. Sebuah Malam dan Gala Opera « A Musical Promenade

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: