Kabar Terkini

Batavia Madrigal Singers dengan Repertoar 100% Modern


Melanjutkan sebuah tradisi yang mulai dibangun sejak tahun 2009, Batavia Madrigal Singers (BMS) mempersembahkan konser Sanguinis Choraliensis! 2012 pada hari Minggu, 22 April lalu. Diawaki 53 orang vokalis, konduktor Avip Priatna kembali ke panggung untuk menyuguhkan karya-karya paduan suara abad 20-21 melalui paduan suara yang ia sendiri bidani kelahirannya pada akhir dekade 90-an.

Sebagai sebuah paduan suara yang konsisten berprestasi di kancah kompetisi paduan suara internasional, BMS menunjukkan kualitasnya yang masih di atas rata-rata paduan suara di tanah air. Konser malam ini yang terbagi menjadi dua babak dengan tema umum musik sacra di babak I dan profana di babak II juga menjadi konser perpisahan BMS sebelum meluncur ke Bulgaria dan Amerika Serikat.

Karya-karya Trond Kverno, Umar Sisask, Vyautas Myskinis, Guy Forbes dan Robert Sund mengisi babak pertama. Tidak lupa karya dalam negeri dengan tajuk Gloria Patri dari Budi Susanto Yohanes. Ciri eksekusi yang rapi menjadi nilai tambah bagi paduan suara ini di bawah pimpinan Avip Priatna, rapih namun tetap meninggalkan kesan berani dan kontras. Namun demikian masih terlihat kecanggungan pada paduan suara untuk karya-karya ini sehingga walaupun terdengar musikal terasa bahwa paduan suara kurang lepas dan kesulitan untuk melangkah jauh lebih dalam dari sekedar membacakan teks secara musikal.

Bagian kedua konser diisi dengan karya-karya profana/music tema keseharian dari Morten Lauridsen, Henk Badings, Georgi Dimitrov, dan Selga Mence. Di babak kedua ini tampak paduan suara baru mulai panas di karya kedua, sebuah rangkaian 3 lagu oleh Henk Badings “Trois Chansons des Britonnes”. Sejak dari sana, BMS terlihat mendapatkan performa maksimalnya terlebih dengan karya-karya bernuansa latin dari Fernando de Fuentes, Casanova dan Guido Gavilan dan seluruh anggota mulai terlihat lebih rileks dan menikmati penampilan mereka di atas panggung. Caecilia Ratna juga menunaikan tugasnya dengan cukup baik pada karya Badings ini, walaupun kolaborasi dan jalinan dengan paduan suara bisa lebih ditingkatkan.

Harus diakui bahwa mungkin konser ini adalah pertanda BMS seharusnya juga mencantumkan Modern untuk unsur “M” pada namanya karena keberanian mereka untuk mementaskan karya-karya modern yang cenderung sulit. Progresi harmoni yang tidak dapat ditebak sembari dibarengi nada-nada disonan menjadi fokus malam ini. Walaupun hampir semua karya masih bersifat tonal, namun tetap saja sulit diimplementasikan. Dan BMS menunaikan tugasnya dengan sangat baik malam ini.

Musik yang kaya unsur ritmis dan bunyi juga dieksplorasi lebih jauh oleh Avip, lulusan University of Music and Performing Arts Vienna. Alhasil paduan suara serasa begitu dinamis, sebuah kesulitan tersendiri untuk paduan suara berukuran besar seperti ini. Walau demikian, ada keuntungan tersendiri untuk paduan suara yang demikian besar, rentang dinamika dan ekspresi pun dimungkinkan untuk digarap lebih luas.

Yang pasti suguhan malam itu disambut antusias penonton malam itu yang memadati Usmar Ismail Hall malam itu. Teriakan dan standing ovation memaksa mereka untuk menyajikan satu karya pendek “Libertango’ dari Astor Piazzolla yang telah diaransemen untuk untuk paduan suara.

Sajian yang menarik. Dan mari kita doakan Batavia Madrigal Singers dan Avip Priatna sukses mengharumkan kembali nama Indonesia lewat seni musik.

About mikebm (1164 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: