Kabar Terkini

Kilas Balik Blog Musical Promenade 2013


2013 sudah hampir berakhir dalam kurang lebih 5 jam. Blog A Musical Promenade pun sudah masuk ke umurnya yang ke-enam tahun di tahun ini. Memang traffic beragam untuk masuk ke blog ini. Tidak tentu lebih banyak memang dari bertahun lalu di mana saya sempat menulis dan mempublikasikan tulisan dengan lebih rajin. Namun tahun ini cukup menarik dalam perkembangan blog ini.

Tahun ini, secara khusus ada 31 buah tulisan review konser dituliskan pada tahun ini, jumlah terbanyak dalam setahun selama blog ini berdiri. Sedikit catatan bahwa tahun lalu, 2012, 29 buah tulisan review konser dihasilkan. Kesempatan saya untuk ke Inggris di pertengahan tahun dan menghadiri Proms di London tentunya menjadi alasan berkembangnya angka tersebut dan menjadi ulasan pertama saya untuk konser-konser di luar Asia Tenggara.

Tahun 2013 ini juga menjadi awal dari saya untuk menuliskan review dari penampilan teater musikal lebih banyak. Sebelumnya saya hanya pernah menuliskan satu buah tulisan saja untuk pergelaran teater musikal, namun untuk tahun ini 4 buah tulisan review teater musikal sempat saya tulis. Sudah lama teater musikal menjadi sebuah bentuk seni hiburan yang memikat saya secara pribadi selain musik seni tentunya.

Secara total 62 tulisan di buat tahun ini untuk melengkapi jumlah tulisan hingga 509 buah blogpost di sepanjang tahun ini. Tulisan ini akan melengkapinya menjadi 63 buah. Bisa dikatakan bahwa memang rata-rata hanya 1.2 tulisan dihasilkan setiap minggunya dan separuh tulisan tersebut adalah ulasan-ulasan konser dan pagelaran musik seni. Walau demikian, besar harapan tulisan ini mampu mewarnai dunia seni di Ibukota dan tentunya menjadi media bagi saya untuk terus belajar.

Tahun ini juga menjadi titik tolak yang menarik karena www.musicalprom.com kami peroleh untuk blog ini. A Musical Promenade akhirnya punya alamat sendiri yang lebih representatif, sebuah perwujudan akan betapa blog ini sudah menjadi bagian yang integral dalam kehidupan bermusik saya.

Besar harapan agar A Musical Promenade tidak berhenti begitu saja dan tentunya besar harapan bahwa bukan hanya saya sendiri yang menulis tentang musik dan lika-likunya dalam blog ini. Tiga-empat kepala selalu lebih baik daripada satu kepala, bukan? Untuk itu, saya mengundang sahabat-sahabat untuk ikut serta menulis musik dan menjadi contributor di blog ini. Dan tentunya besar harapan bahwa A Musical Promenade mampu semakin berkontribusi dalam diskusi dan bahkan perkembangan musik seni di Indonesia. Karena demi perkembangan seni, kita butuh bergandengan tangan, bukan pertentangan yang tidak kunjung habis.

Semoga di tahun yang akan datang, seni semakin berkembang sebagai perwujudan Indonesia yang semakin kaya. A Musical Promenade mengucapkan selamat tahun baru bagi pembaca sekalian! 2014, mari maju bersama!

About mikebm (1163 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

1 Comment on Kilas Balik Blog Musical Promenade 2013

  1. Quel bonheur de parcourir votre poste

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: