Kabar Terkini

Faktor Utama Anak Terus Belajar Musik


Penelitian akhir-akhir ini banyak menunjukkan bahwa belajar musik itu berguna sekali, bahkan di ada yang menunjukkan bahwa belajar musik mampu meningkatkan prestasi di sekolah dan secara umum meningkatkan kecerdasan. Sebuah pernyataan yang sedikit berbeda dengan sebelumnya bahwa, mendengarkan musik saja cukup untuk menjadikan anak pintar.

Namun pertanyaan berikutnya adalah faktor apakah yang mendorong seorang anak untuk terus belajar musik. Menurut penelitian dari University of New South Wales dan University of Melbourne, Australia, dalam rentang waktu 10 tahun adalah seberapa mendalam dan seberapa jauh daya tahan seorang anak untuk terus belajar musik ternyata disebabkan oleh dua buah faktor penting, yakni kehidupan di rumah (orangtua) dan sekolah. Anak-anak di rumah dan di sekolah terbentuk dengan menjadikan identitas musik sebagai bagian dari identitas mereka memiliki ketahanan yang lebih baik dalam mempelajari musik. Orang tua yang memainkan alat musik ataupun memperdengarkan musik secara kontinu dan menjadikan musik bagian dari identitas keluarga ternyata akan memiliki anak yang lebih mau mengembangkan kemampuan bermusik. Pun demikian dengan sekolah yang memiliki program pendidikan musik yang baik dan berkesinambungan, akan mencetak anak-anak yang juga mau mempelajari musik secara lebih mendalam.

Pun seberapa jauh anak tersebut mau mempelajari musik, ternyata berkaitan erat dengan bagaimana pandangan anak tersebut akan bagaimana musik akan menjadi bagian dari hidup mereka, bagaimana mereka melihat diri sendiri di masa depan sebagai seorang musisi, terlepas dari cita-cita profesionalnya.

Menarik? Pada akhirnya memang untuk mendorong pendirikan musik yang penting memang dorongan orangtua di rumah dan pendidikan di sekolah.

Lengkapnya: http://www.psmag.com/navigation/books-and-culture/motivate-young-musician-72960/

About mikebm (1163 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: