Kabar Terkini

Kolaborasi Visual – Menarik


Ketika kita banyak berdiskusi tentang musik yang bersifat absolut, kini eksplorasi musik dalam dunia seni nampaknya sudah semakin meluas dalam format yang luar biasa, yang mungkin tidak terpikirkan oleh banyak kalangan awam. Multimedia dan kolaborasi semakin memegang peranan dalam bentuk eksplorasi ini.

Contohnya adalah ini proyeksi 3D ini yang diinisiasi oleh Youtube Symphony Orchestra di Sydney Opera House. Dan sebagai informasi, proyeksi ini bukanlah video (yang sudah menjadi produk jadi), melainkan sebuah praktik happening art yang tetap mengandalkan seniman video untuk berkreasi selama musik dimainkan, seakan kita menonton sebuah karya konserto dengan orkes dan videografer sebagai sang solois.

Yang berikut lain lagi, yaitu mengawinkan pertunjukan sirkus dalam musik sebagai bentuk kolaborasi dan atraksi.

Mungkin hal ini sangat berlawanan dengan banyak pandangan pecinta musik yang puritan. Namun batas kemurnian seni tidak pernah bisa didefinisikan dengan jelas. Definisi yang jelas hanya akan mematikan proses kreatif itu sendiri. Dan tentu saja dibanding telinga, seringkali manusia lebih mengandalkan mata dalam menangkap kejadian yang terjadi di sekelilingnya.

Tapi dipikir-pikir, budaya Indonesia sendiri secara khusus tidak mengenal musik sebagai bentuk kesenian tersendiri yang independen dan terpisah dari bentuk seni lainnya. Musik dalam konteks tradisi selalu menjadi bagian dari pertunjukan teatrikal, tari ataupun ritual. Inilah persepsi Indonesia yang kita kenal dan mungkin dengan ini, kita bisa lebih mengenalkan seni musik pada khalayak yang lebih luas lagi.

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: