Kabar Terkini

Menyeimbangkan Finansial dan Musik


20140602-083638-30998342.jpg

Sebuah artikel menarik di newmusicbox.org yang mengisahkan bagaimana seorang musisi mencoba menyeimbangkan sisi finansial dalam kehidupan bermusiknya. Patut kita simak memang bagaimana sang penulis Sugar Vendil mencoba menyeimbangkan kegiatan-kegiatannya sebagai seorang pianis, pemilik studio piano dan juga penggerak di kelompok Nouveau Classical Project.

Mungkin hal ini juga tidak jauh-jauh dari kehidupan musisi di tanah air yang meskipun sudah lebih hidup dan sehat, namun tentunya perlu secara cerdik mengelola pekerjaan dan waktu untuk memenuhi kebutuhan dapur yang harus terus mengepul. Pun memang harus diakui bahwa pekerjaan yang memang bernilai secara seni dan bermakna bagi kita tidak jarang kurang memuaskan secara finansial. Sebagian besar dari musisi-musisi kita memang masih menyeimbangkan diri dalam berbagai kegiatan, dari berlatih, mengajar, membina sanggar, tampil, mengurus rumahtangga hingga mencipta.

Dan ternyata kisah itu bukan cuma milik kita di Indonesia saja. Pun Sugar memberikan kata kunci bagaimana untuk membangun karir yang sehat yang seringkali kita lupa. So, Keep Calm and Carry on…

Baca artikelnya di sini

About mikebm (1163 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: