Kabar Terkini

Tepuk tangan dalam Rekaman konser & Pola komunikasi artistik musik


Sebuah dimensi lain dari hal yang hampir pasti jadi bagian dari musik: tepuk tangan, yang suka terlupakan… Oleh Gatot Danar Sulistiyanto di blog Rekambergerak.

rekambergerak

Tepuk tangan dalam Rekaman konser & Pola komunikasi artistik musik

dzn_applausecompsq03Sadar atau tidak, tepuk tangan dapat digolongkan kedalam sebuah bentuk “prilaku seni pertunjukan” dalam arti yang luas. Berikut macam ragam fungsi dan kaidah tepuk tangan;

TEPUK TANGAN SEBAGAI BENTUK TINDAKAN REAKSI DARI SITUASI EKSTASE PERISTIWA PERUNJUKAN MUSIK

Fenomena ini sangat lazim terjadi dalam konser-konser musik. Sebab musabab kemunculannya bisa dipengaruhi oleh tercapainya kondisi puncak permainan/ penyajian repertoar musik (yang biasanya pada akhir karya dalam musik klasik atau usai permainan improvisasi Jazz). Dalam konteks ini tepuk tangan pemirsa merupakan bagian utuh dari karya yang disajikan, sehingga haram hukumnya untuk memutus hubungan diantara keduanya dengan alasan apapun.  Oleh sebab itu, dalam kondisi ini secara teknis tata krama rekaman mutlak diperlukan tambahan stereo mikrofon khusus untuk merekam tepuk tangan tersebut.

Namun, seringkali tepuk tangan menjadi rusak oleh karena kebodohan MC/ pembawa acara yang umumnya miskin dalam hal pengetahuan musik. Suara MC mendadak muncul…

Lihat pos aslinya 423 kata lagi

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: