Kabar Terkini

Chelibidache dan Kepercayaannya


Sergiu Chelibidache bisa jadi adalah konduktor hebat yang tidak begitu kita dengar. Memang dia semasa karir tidak memproduksi rekaman sebagaimana kawan sejawatnya sekaligus seterunya yang lebih dikenal di dunia rekaman Herbert von Karajan. Bahkan pemimpin yang besar sebagai konduktor Munich Philharmonic ini diisukan pernah dicalonkan menjadi dirigen Berlin Philharmonic namun karena nilai estetika yang dia pegang untuk menolak rekaman menjauhkannya dari tawaran Berlin Phil yg ingin meningkatkan presensinya di dunia rekaman.

Ia pun dikenal dengan tuntutannya akan jumlah latian yang melebihi batas normal kalangan konduktor di masanya. Ketika yang lain 3-4 hari berlatih untuk satu buah konser, Cheli akan meminta hingga dua minggu. Pun permainannya sering dianggap mengambil tempo yang lambat, lebih lambat dari kawan-kawan semasanya. Namun hebatnya, penampilannya senantiasa dianggap indah dan mencerahkan bagi pendengarnya. Berikut bagaimana ia menjelaskan tentang musik dan kepercayaannya akan musik. Patut ditonton bersama.

About mikebm (1164 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: