Kabar Terkini

Mari Menutup Tahun 2014


A Musical Promenade LogoAkhirnya tahun 2014 akan berakhir, sebuah tahun yang tentunya istimewa untuk blog A Musical Promenade kita ini. Tahun ke 7 dari blog ini pun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini setelah tahun lalu mengakuisisi www.musicalprom.com untuk alamat blog ini, A Musical Promenade di minggu kedua Januari 2014 akhirnya memiliki logo sendiri dengan tagline dynamics of the arts. Walaupun didesain dengan sederhana, setidaknya, logo ini dapat menjadi ciri tersendiri dari blog ini.

Tahun ini adalah tahun dimana blog ini menembus total jumlah post 650 buah. Dan tahun ini blog ini menembus jumlah tulisan hingga 142 post dalam setahun ini – 2.7 tulisan per minggunya. Ini adalah jumlah terbanyak kedua setelah tahun 2008.

Pun tahun ini juga menandai pertama kalinya kita kedatangan dua orang kontributor dalam menuliskan dua review konser: satu dari Bramana Putra dan sharing pengalaman menonton rehearsal dari Bowie Djati. Jumlah ini menggenapkan jumlah concert review yang ditulis di tahun ini menjadi yang terbanyak pertama sepanjang sejarah blog ini dengan 56 buah tulisan. Ini melampaui jumlah tulisan di tahun manapun di yang maksimal di 34 buah konser setahun dan pertama kalinya A Musical Promenade mampu menelurkan rata-rata 1 ulasan konser musik per minggunya. Ini pun juga melampau target saya untuk memuat setidaknya 52 konser di tahun ini.

Satu buah tulisan tentang ulasan drama musikal tahun ini menandakan penurunan dibanding tahun lalu yang berhias 4 buah ulasan drama musikal.

Tahun ini juga adalah tahun kedua untuk menuliskan ulasan buku yang bertautan dengan musik. Setelah tahun lalu mencoba dengan buku Vincent McDermott, tahun ini musicalprom.com kembali dengan dua buah ulasan buku terbitan Art Music Today berjudul Sluman Slumun Slamet dan Memahami Musik dan Rupa-rupa Ilmunya.

Tahun ini juga adalah pertama kalinya iseng-iseng blog ini melakukan wawancara kepada para tokoh kita. Dua buah interview menghiasi 4 artikel opini kita. Pertama adalah kepada 3 Direktur, Aisha Pletscher, Avip Priatna dan Heri Sunarta serta ketua Komite Musik Dewan Kesenian Jakarta Aksan Sjuman. Pun artikel opini penuh yang saya tulis tahun ini menembus jumlah 32 buah artikel opini, jumlah yang lumayan.

2014 akan segera berlalu dan dilalui dengan sangat menarik. Menantikan tahun 2015 dan mari berharap semoga 2015 lebih luarbiasa daripada tahun ini!

~Selamat Natal 2014 dan Selamat Tahun Baru 2015!

About mikebm (1163 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: