Kabar Terkini

Endowment Fund: Apakah Itu dan Sehatkah?


Penting atau tidak penting, Endowment Fund adalah suatu keperluan yang esensial dalam pengembangan organisasi seni. Endowment Fund atau seringkali diterjemahkan dalam istilah sumbangan untuk Dana Abadi adalah sebuah kantong yang dibutuhkan untuk memastikan kehidupan dan kesehatan organisasi seni.

Sebagai sebuah organisasi non-profit, organisasi seni bukan berarti tidak mampu menciptakan pemasukan dan bahkan sangat dimungkinkan untuk menciptakan keuntungan. Seringkali di Indonesia, kita berpikir bahwa apabila organisasi seni adalah organisasi non profit, maka tidak pantas organisasi seni mampu menciptakan pemasukan lebih besar dari pengeluaran mereka. Jelas ini adalah salah kaprah.

Organisasi seni, sebagaimana rumah sakit dan universitas, sebagai sebuah lembaga non profit, haruslah mengembangkan sebuah pos dana abadi yang sewaktu-waktu dapat dikeluarkan untuk kebutuhan pengembangan mereka. Memang perlu secara jelas kita melihat posisi Endowment Fund ini, dan sebagaimana mengelola dana masyarakat, dana ini harus dikelola secara bertanggung jawab. Dana ini bukanlah dana kekayaan pribadi seseorang sebagaimana dalam usaha perorangan ataupun perseroan. Maka dari itu pelaporan penggunaan dana ini haruslah terbuka, terlebih apabila organisasi tersebut adalah organisasi masyarakat yang terbuka.

Endowment fund haruslah dikelola sebagai kapital yang membantu berjalannya sebuah organisasi, dan Endowment fund ini selain dipergunakan untuk operasional, juga selayaknya digunakan untuk pengembangan strategis organisasi kedepannya. Pengembangan kegiatan, rancangan kegiatan strategis, pembelian aset adalah beberapa hal di mana dana ini dapat mengambil peranan.

~dari investopedia.com

There are three main components to the typical endowment fund:

1. Investment Policy: This policy dictates the types of investments the manager can make and how aggressive he or she can be in meeting return targets.
2. Withdrawal Policy: This policy determines the amount that the institution can take from the endowment fund at each period and is usually based on the institution’s needs as well as the amount remaining in the fund.
3. Fund Usage Policy: This policy ensures that the money from the endowment fund is being used properly and for the purposes set out by the fund.

Yang perlu disorot kedepannya adalah bagaimana mengelola agar dana ini dapat digunakan secara bijak. Menipisnya Endowment Fund dikarenakan dibutuhkan untuk menutup biaya operasional sebenarnya adalah lampu kuning untuk pengelolaan dana organisasi tersebut. Artinya adalah biaya operasional tersebut menyedot terlalu banyak dan pendapatan yang dihasilkan ternyata belum mampu mensustain kegiatan yang diadakan. Pun sebenarnya apabila suatu organisasi merugi, pos yang pertama kali terkena dampak adalah pos ini.

Pada akhirnya, dana seperti ini adalah hal wajib untuk sebuah organisasi non-profit. Kalau organisasi Anda belum memilikinya, sebaiknya segera adakan pos ini. Pun kebijakan dalam penggunaan, bagaimana menginvestasikan dan penarikannya seperti yang tertera di atas adalah hal mutlak yang harus dimiliki agar organisasi memiliki kontrol atas pendanaan ini dan penggunaannya secara optimal.

Memang perlu secara bijak kita melihat bagaimana sebuah organisasi ini mengelola endowment fund ini. Dan adalah organisasi yang sehatlah yang mampu mengelola dana ini untuk kepentingan perkembangan organisasi dan masyarakat.

About mikebm (1164 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: