Kabar Terkini

Choir leaders: who’ll replace you when you’re gone?


Berikut ini adalah sebuah artikel menarik dari Chris Rowbury tentang apa yang harus dilakukan ketika pergantian kepemimpinan dalam sebuah ensemble, dengan contoh paduan suara.

Sebagai sebuah organisasi yang terdiri atas anggota-anggota, kegiatan-kegiatan, aset dan juga tradisi transisi ini menjadi sangat krusial untuk dilakukan secara mulus. Tips dan trik memilih pengganti sekaligus bagaimana proses transisinya agar semulus mungkin juga dibahas di sini.

Artikel yang menarik yang sebenarnya harus dipikirkan secara masak oleh banyak ensembel dan juga para pemimpin musik di sini, karena nampaknya sudah terlalu banyak kasus di ensembel kita yang memiliki pemimpin yang tidak dapat melakukan transisi yang mulus ke pemimpin baru, ataupun malah meninggalkan ensembel secara mendadak untuk perlahan membusuk tanpa ada perencanaan transisi sama sekali.

Selamat membaca!

From the front of the choir: Choir leaders: who’ll replace you when you’re gone?

Penulis sendiri sedang menjalani proses ini bersama dengan Orkes Simfoni Universitas Indonesia Mahawaditra dan juga Paduan Suara Eliata yang akan saya tinggalkan sementara saya belajar pascasarjana Arts Administration and Cultural Policy: Music di Goldsmiths-London selama satu tahun. Beruntung paduan suara dan orkes ini kini memiliki organisasi yang cukup solid dan sudah hadir pengganti, tinggal bagaimana proses ini bisa berjalan lancar.

About mikebm (1163 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: