Kabar Terkini

Jelang 7 Dekade Kemerdekaan RI


Jelang 70 tahun kemerdekaan RI, tampaknya tidak lengkap apabila kita tidak merefleksikan kemerdekaan Indonesia dalam perspektif musik Indonesia, seni dan kehidupan berkeseniannya juga tidak terlepas dari para pelakunya.

Musik Indonesia lahir dalam proses asimilasi antar budaya, menjadikan dialog dan pembentukan karakternya bersaling-silang dengan interaksi manusianya yang juga beraneka ragam dan turut berproses bersama dengan masyarakatnya. Beberapa hari ke depan, A Musical Promenade akan menyuguhkan tulisan-tulisan dari kawan-kawan pemusik musa Indonesia yang kebetulan berkenan menulis maupun diwawancarai untuk mendiskusikan serba-serbi ke-Indonesia-an.  

Tujuh puluh tahun bukan waktu yang pendek. Tapi apakah tujuh puluh tahun adalah waktu yang bermakna bagi seni musik Indonesia, hanya masing-masing kita mampu merenungkannya: Apakah Indonesia sudah berada dalam tataran layak dan kuat dalam musik dan pemberdayaan seni.

Dan sudahkah pelaku dan pecinta sungguh apresiatif terhadap seni yang mereka geluti dan nikmati? Banyak perkembangan memang perlu untuk dilakukan sekarang dan perbaikan perlu dijalankan segera. Jangan sampai sudah 70 tahun merdeka, kita masih sibuk berdebat apakah kita bangsa yang berbudaya dan beradab. 

Untuk melihat tulisan-tulisan ini, silakan klik tag #RI70.

Iklan
About mikebm (1238 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: