Kabar Terkini

Halo!


Tulisan perdana vokalis muda Mariska Setiawan yang patut disimak…

mariskasetiawan

Pemusik Indonesia dan Pembentukan Identitas

Sebagai seorang penyanyi klasik, saya juga sering menghadiri konser-konser maupun resital musik klasik di Indonesia dengan 90% program berupa musik klasik Eropa. Walaupun konser dan resital adalah hal yang memuaskan dan produktif baik bagi pemusik dan penonton, namun saya melihat satu hal yang masih bisa dikembangkan agar lebih berpengaruh positif terhadap si pemusik dan penonton, khususnya di negara kita sendiri Indonesia.

Hal yang paling penting dalam sebuah proses kreatif musikal adalah jiwa dari musik itu sendiri. Itulah mengapa sebagai seorang pemusik, kita tidak dapat dipaksa untuk memainkan karya musik yang tidak terlalu kita suka atau tanpa ikatan emosional. Tentu saja kita bisa, namun itu tidak akan sebaik ketika kita memainkan karya musik yang benar-benar kita cintai atau yang mengingatkan pada suatu kenangan indah di masa kecil kita, misalnya. Itulah sebabnya seorang pemusik Indonesia (atau kebangsaan apapun), mungkin akan merasa paling “natural” saat memainkan karya musik…

Lihat pos aslinya 336 kata lagi

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: