Kabar Terkini

Gandari di Frankfurt Malam Ini


Opera baru karya komponis Indonesia Tony Prabowo Jumat dan Sabtu malam ini akan diperdanakan di Jerman, sebagai jawaban atas janji yang dilontarkan akhir tahun lalu. Opera Gandari ini akan dipentaskan di Frankfurt Lab dengan kolaborasi seniman dari mancanegara.

Setelah dipentaskan Desember tahun lalu yang juga diliput A Musical Promenade, Gandari kemudian diboyong ke Frankfurt bersama dengan hampir seluruh pendukung produksi dari Indonesia diboyong untuk berkolaborasi dengan seniman Eropa. Soprano Beliga Katrien Baerts tetap akan berperan sebagai solois yang mengisahkan puisi Goenawan Muhammad dalam gubahan atonal Tony Prabowo bersama dengan narasi yang didaraskan oleh Landung Simatupang. Batavia Madrigal Singers bersama juga didatangkan ke Jerman untuk berkolaborasi dengan Intenationale Ensemble Modern Academie, sebuah ensembel yang berkomitmen pada musik-musik baru dari Jerman, yang akan dipimpin oleh konduktor Bas Wiegers yang juga dengan cakap memimpin pertunjukan di Jakarta.

Mungkin kolaborasi ini adalah yang pertama karya opera Tony Prabowo dimainkan di Eropa dan yang kedua setelah I La Galigo karya Rahayu Supanggah dimainkan di beberapa kota di Eropa tahun 2004. Namun inilah yang pertama opera Indonesia dengan produksi besar dan instrumen orkestra barat dimainkan di Barat. Kisahnya yang kaya bisa menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Pun melihat konsep tari dari koreografer yang baru oleh Su-wen Chi yang berkarya di London dan Taiwan bekerja sama dengan dua koreografer yang sudah telibat dalam produksi sebelumnya Danang Pamungkas dan Rianto, Luluk A. Prasetyo. Produksi kali ini pun memberikan tontonan yang berbeda dengan direktur artistik kondang Jay Subiakto yang memiliki konsep yang berbeda dan ruang yang juga sama sekali lain.

Acara ini juga menjadi penutup rangkaian Frankfurt Book Fair, di mana tahun ini Indonesia mendapatkan tempat utama sebagai fokus dalam acara meriah literatur Jerman ini. Bagi yang berada Jerman dan sekitarnya, Gandari akan dipertunjukkan 2 kali, 16 dan 17 Oktober ini.

About mikebm (1163 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: