Kabar Terkini

Berbagai Wujud Mozart


Hari kedua Mozartfest di Bandung diramaikan dengan berbagai wujud musik kamar Mozart untuk alat gesek. Konser bertema String Along dibuka oleh Arya Pugala Kitti, biola dan Mutia Dharma, piano dengan menampilkan Sonata di E minor KV 304. 
Melodi yang penuh kesedihan dimainkan secara ekspresif oleh Arya dan Mutia. Dari 36 sonata Mozart untuk biola dan piano, hanya dua yang ditulis di kunci minor. Memang karya ini ditulis tahun 1778 ketika Anna Maria, ibu Wolfgang terkena penyakit dan akhirnya meninggal di Paris.


Penonton tidak merasa sedih terlalu lama karena karya kedua merupakan gerakan yang ceria dari Divertimento di Bb Mayor KV 254, dibawakan oleh Victor Hugo Barajas di piano, Ahsan Fathoni di biola, dan Mega Ariani di cello. “Sangat menyenangkan bermain bersama-sama pemusik di Bandung,” ujar Victor, pianis dari Mexico yang meramaikan dua hari Mozartfest. “Tapi saya berharap dalam sebuah kolaborasi musik kamar semua pihak dapat lebih berani beropini, tidak hanya mengandalkan seseorang saja. Bahkan jika bermain dengan solis dunia sekalipun, pendapat setiap orang tetap penting dan berharga.”


Penampilan dari format piano trio berganti ke format flute quartet yang membawakan Flute Quartet di D Mayor KV 285. Sarah Tunggal memainkan bagian virtuosonya dengan jelas dan terarah, didukung oleh Ahsan Fathoni, Mega Ariani, dan Meirita Artanti Putri di viola. Mozart merupakan komponis yang cukup sulit dibawakan di alat gesek karena diperlukan konsentrasi tinggi untuk menghasilkan intonasi yang sempurna. “Harmoni nya simple, sehingga semua sangat transparan” ujar Meirita. Terutama ketika bermain dengan flute, jikalau meleset sedikit maka pemain tiupnya pun akan terpengaruh.


Domus String Quartet menaiki panggung setelah istirahat. Mereka membawakan dengan lengkap tiga gerakan dari String Quartet no 6 di Bb Mayor KV 159. Kwartet yang terbentuk sejak tahun 2013 ini tampak cukup nyaman bermain bersama-sama, pastilah karena mereka berkomitmen untuk berlatih secara rutin. Bermain kwartet merupakan salah satu hal tersulit dalam musik kamar, karena keempat alat perlu terdengar sebagai satu alat. Di beberapa tempat personil Domus terlalu fokus dengan part individu sehingga kesatuan warna dan bunyi sebagai kwartet terlupakan.


Konser String Along diakhiri dengan seru oleh pemain-pemain Acacia Youth String Orchestra dibawah direksi Arya. AYSO memainkan keempat gerakan dari Serenade No 13 KV 525 atau yang dikenal sebagai Eine Kleine Nachtmusik. Bermain dengan berdiri membuat bunyi yang dihasilkan lebih hidup dan bersemangat. Sayang sekali intonasi dan kebiasaan untuk rushing (mencepat secara tidak sadar) menjadi persoalan. Ketika bermain Mozart, semua pribadi harus benar-benar siap karena tidak ada tempat persembunyian bagi bunyinya.

Iswargia R Soedarno, direktur dari Jakarta Sinfonietta pun berkomentar bahwa bermain Mozart di alat gesek perlu approach yang berbeda dari segi vibrato dan infleksi suara. Seringkali teknik  bermain repertoar dari zaman modern ataupun romantik dipakai di repertoar klasik dan barok. Memang perjalanan masih panjang untuk orkes muda yang terbentuk pada tahun 2013 ini, namun dengan  kecintaannya untuk mendalami repertoar, passion yang tinggi, dan disiplin latihan yang baik, tentunya AYSO akan terus berkembang.

Penampilan para pemain muda ini menutup konser kedua dari Mozart Festival 2015. Penonton pun pulang dengan melodi Eine Kleine masih terngiang-ngiang di kepala.

About airinefferin (8 Articles)
"exuberant and spoiled, childish and childlike, kind and cruel, enquiring but pig-headed, hardworking and generous but conceited and determined to be center stage"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: