Kabar Terkini

Selamat Para Guru, Selamat!


Hari ini adalah Hari Guru Nasional, sebuah penetapan akan jasa para guru yang tiada berbatas. ‘Pahlawan tanpa tanda jasa’ demikian slogan yang didengungkan sewaktu kita kecil akan mulianya jasa Ibu/Bapak Guru. Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan ‘Selamat Hari Guru!’ pada guru-guru saya, para sahabat dan kawan-kawan yang mengambil tanggung jawab berat ini. Tapi juga sedikit reflektif akan peran keguruan yang juga hingga saat ini penulis pribadi jalankan.

Guru musik, peran yang dicinta tapi juga dihina. Agak sulit memang melihat peran profesi ini. Di satu sisi, profesi guru menjadi jaring pengaman bagi banyak pemusik, di mana memberikan sedikit keamanan finansial bagi para pelakunya, namun meninggalkan kepahitan karena tidak berprestasi di sisi yang lain dan tidak ingin menjadikan mengajar sebagai sebuah profesi. Juga tidak sedikit di antara para guru adalah pribadi-pribadi yang luar biasa dan inspiratif bagi murid-muridnya, memberikan ilmu yang terbaik, melihat muridnya bertumbuh dan menjadi sosok idola bagi siswanya.

Melihat peranan guru musik, nampaknya lebih menarik menjadi guru musik di luar lingkup sekolah, karena sekolah dan kurikulumnya tidak memberikan ruang yang cukup bagi pengembangan minat seni dan musik bagi para siswa. Terlihat bahwa perhatian pendidikan musik dan terlebih juga guru musik masih tergolong kecil bagi perkembangan generasi muda. Belum lagi kini berita keguruan juga disibukkan lebih dengan berita sibuk sertifikasi dibanding prestasi. Tidak dipungkiri dengan anggaran nasional 20% untuk pendidikan, profesi guru pun banyak belum dihargai dengan upah yang layak.

Guru bisa jadi sosok yang pahit dan dibenci, sosok yang mediocre, atau sosok yang dipuja. Untuk itu hari ini adalah hari guru, di mana seorang menjadi sosok panutan dan pengarah secara mendalam, bukan sekedar seorang pengajar. Beruntung bahasa Indonesia memilih ‘guru’ dibandingkan ‘pengajar’ dan bukan pula ‘pendidik’ karena dalam leksika ‘guru’ ada makna peran pencerahan akal budi yang lebih mendalam.

Para guru, selamat Hari Guru! Semoga kita menjadi guru bukan karena mencari selamat, namun sungguh menjadi sosok yang membawa pencerahan bagi para siswa. Semoga para guru bukan dihargai karena emblem dogmatik ‘pahlawan tanpa tanda jasa’, melainkan karena siswa yang cerdas, pribadi muda berbudi, dan bangsa yang lebih beradab.

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: