Kabar Terkini

Jumat Sore bersama BBC Singers


Hari ini matahari cepat sekali terbenam, pukul enam sore jalan-jalan di London sudah gelap. Tapi di Jumat sore penghujung pekan ini, London seperti banyak kota besar lainnya: macet dan sibuk. Banyak pekerja memilih untuk tinggal lebih larut, sedang yang lain ingin segera pulang untuk bisa bertemu keluarga. Tapi di Gereja St. Giles’ Cripplegate, yang masih berada dalam kompleks pusat kebudayaan London, Barbican Centre, ada hiburan lain bagi mereka yang ingin menunggu kesemrawutan mereda. Seri BBC Singers at Six kembali berkumandang.

Menonton konser hari ini pun agak sedikit was-was. Rabu lalu melalui SMS, penyelenggara menyampaikan bahwa David Hill, konduktor kepala ensembel ini, undur diri dari konser dikarenakan sakit. Dan sebagai pengganti Richard Pearce yang hadir di atas rostrum. Stephen Farr mengiringi dengan organ pipa di loteng gereja.

Paduan suara BBC Singers adalah barisan paduan suara profesional yang dibina oleh perusahan penyiaran publik Inggris BBC. Dan sebagai bagian dari pelayanan publik, mereka secara khusus memberikan perhatian pada komponis-komponis tanah Inggris dengan aktif menampilkan karya-karya mereka, selain tentunya karya-karya paduan suara dari negara lain. Sajian sore ini sepenuhnya musik paduan suara yang terbilang baru karya komponis Inggris Sir James MacMillan dan Judith Bingham, Judith Bingham pun terlihat hadir dan beberapa kali maju ke depan untuk menjelaskan karya-karyanya yang dinyanyikan.

Konser sendiri dibukan dengan karya MacMillan, Màiri yang ditulis untuk 16 solois. Secara struktur karya ini menarik dengan mengetengahkan harmoni yang terbilang kompleks, dan antar suara saling berkejaran. Namun secara bentuk sangat peka terhadap teks bahasa Gaelic yang ditulis oleh Evan MacColl pada abad 19 yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Kemandirian segenap penyanyi teruji di sini. Nada-nada tinggi soprano yang dieksekusi dengan mencengangkan, menutup karya pertama ini.

Karya berikutnya yang diketengahkan adalah dari Bingham yang diangkat dari puisi ‘Huswifery’ karya Edward Taylor di abad 17, ‘Cloath’d in Holy Robes’. Sebagai karya musik baru, karya Bingham penuh dengan alur-alur yang terkesan saling-silang membungkus sebuah motif berulang di bagian organ pipa. Kata demi kata berkejaran namun tetap patuh membentuk makna Komponis pun mejelaskan bahwa motif berulang ini sengaja dibuat untuk menjadi metafora dari putaran mesin tenun yang lekat dengan tema puisi. Sesekali tema ‘Old Hundreth Psalm’ terdengar berbalas di paduan suara, namun dengan garapan harmoni yang tidak lazim.

Turun dengan kekuatan 32 orang, terdengar betapa paduan suara ini mengandalkan kepiawaian masing-masing penyanyi dan menghasilkan karakter suara yang padat dan dengan jangkauan dinamika yang lebar. Terdengar independen, namun BBC Singers tetap mampu membentuk ranumnya sebuah paduan suara yang solid. Karya Judith Bingham ‘Consider Saint Caecilia’, paduan suara ini dipecah menjadi paduan suara ganda yang berimbang satu dengan yang lain dan saling berjawab dengan tanggap.

‘Cecilia virgo’ karya MacMillan yang ditulis tahun 2012, mengetengahkan rangkaian doa dalam bahasa Latin yang tanggap. BBC Singers pun secara istimewa membawakan karya ini dalam pendekatan bak gaya Caecilianisme yang marak di abad ke-19: ekspresif namun mempertahankan kejernihan suara paduan suara renaisans dan dibawakan secara acappella.

Missa Brevis ‘Videntes Stellam’ yang malam ini perdana di Inggris karya Bingham menangkap semangat perayaan Epifani, yakni perayaan yang masih berada dalam lingkup Natal. Diiringi organ, karya yang ditulis tahun lalu ini hadir dalam disonansi. Namun menarik bagaimana BBC Singers mampu membawakan karya ini dengan hidup dan terkesan normal. Pulsasi karya tetap terjaga dan menjadi pemersatu dari karya yang terdiri dari lima bagian dengan bagian ketiga diisi oleh solo organ untuk mengiringi pembacaan firman, sebuah interpretasi yang terlepas dari pakem ordinarium standar.

Sebagai penutup karya James MacMillan dinyanyikan, ‘… fiat mihi…’ tang diambil dari fragmen Stabat Mater dan dibalut pilu fragmen-fragmen yang ditulis komponis sendiri. Suasana sedih dan khusyuk mendominasi karya ini, BBC Singers pun dibawah arahan Richard Pearce terdengar pedih dan duka. Suasana hati Maria yang menyaksikan anaknya tertatih memikul salib sungguh mengharukan. Dapat dikatakan karya acappella ini adalah satu interpretasi yang memukau dari Stabat Mater di mana seluruh barisan paduan suara membawakan karya ini dengan meyakinkan.

Sebagai salah satu paduan suara profesional modern yang tahun lalu genap berusia 90 tahun, BBC Singers berusaha tetap relevan dalam sejarah perkembangan musik Inggris. Dan konser malam itu, baik dari segi konsep maupun penyampaian, merupakan bukti relevansi tersebut dan Pearce sebagai konduktor pengganti, melaksanakan tugasnya dengan baik.

 

 

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: