Kabar Terkini

Musisi Wanita Dilarang Bermain di Iran


~Kabar dari Iran

Iran baru saja dikabarkan melarang musisi wanita bermain musik dalam sebuah orkestra dan juga bernyanyi. Menarik adalah terjadi dualisme dalam pelarangan ini yakni perbedaan pandangan dari pemerintah yang terjadi. Kementerian Kebudayaan dan Pengarahan Islam memberikan izin pada banyak penampil wanita di Iran untuk bermusik selama memenuhi standar kepatutan seperti busana dan lain-lain. Namun di sisi lain, beberapa otoritas lokal malah melarang dan akhirnya berujung pada batalnya pertunjukan.

Tehran Symphony Orchestra akhirnya memilih untuk berpihak pada para pemain wanita dan batal naik ke atas panggung dikarenakan larangan anggota wanita orkestra tersebut maju bermain lagu kebangsaan dalam sebuah kompetisi gulat. Alasan yang digunakan adalah para pemusik wanita ini tidak mengenakan hijab secara benar. Orkestra pun memilih untuk tidak maju sama sekali daripada maju tanpa anggota wanita mereka, sebuah langkah kesetiakawanan yang berani dan patut diacungi jempol.

Bagaimana pendapat Anda?

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: