Kabar Terkini

Renungan Akhir Tahun: Seni Budaya dan Siapa Anda


Budaya adalah sebuah bentuk dan hasil pemikiran akal budi. Di abad ke-19, beberapa pemikir melihat budaya dan mengidentikkannya dengan kesenian, sebagai puncak-puncak budaya, sebagaimana tergambar dalam konstitusi Indonesia. Namun, budaya juga dapat dikaji dari sisi antropologis sebagai sebuah bentuk kehidupan manusia, kebiasaan dan perilakunya dalam sebuah kelompok.

Budaya kemudian jadi sebuah identitas yang dikenakan pada kelompok, demikian juga buah praktisnya yakni seni. Budayalah yang kemudian menjadi elemen kelompok tersebut, menjadikannya berbeda dengan yang lain. Budaya menjadi sebuah identitas. Bagaimana sekelompok manusia dikenal dan dibedakan dari yang lain adalah lewat kehidupannya, lewat budayanya.

Sebagaimana identitas, seorang manusia bisa jadi memiliki satu identitas namun berbagai peran yang membentuk identitas tersebut. Demikian juga dalam masyarakat yang semakin kosmopolit, kita juga dapat melihat berbagai budaya yang membentuk manusia dan kelompok dan juga relasinya dengan kelompok yang lain. Dan sebagaimana sekelompok manusia adalah organisme yang dinamis, demikian juga budaya bergerak dan bersinggungan secara dinamis, terus berkembang dan berubah. Seni pun juga berkembang bersamaan dengan budaya dan relevansinya hanya akan terjaga apabila relasinya dengan identitas kelompok terjaga.

Pertanyaan yang bisa kita tanyakan menjelang penghujung tahun ini adalah:

  1. Siapakah identitas Anda sebagai seorang pribadi maupun sebagai anggota sebuah kelompok?
  2. Menurut Anda Seni dan Budaya apakah yang mewakili identitas Anda sebagai pribadi maupun sebagai kelompok?

Dua pertanyaan ini bisa jadi mudah diajukan tapi sulit untuk dijawab, karena tidak ada jawaban instan dari pertanyaan ini. Nasionalisme menurut Ben Anderson dalam bukunya Imagined Community adalah sebuah proses dan afinitas terhadap nilai-nilai yang sebenarnya bisa saja semu. Dan apabila kita cacah lebih kecil, demikian juga kelompok ras dan etnis, kelompok agama, bahkan masyarakat satu RT sekalipun karena masing-masing memiliki ide yang berbeda dengan orang lain. Namun satu per satu manusia dijalin dengan persamaan nilai dan pandangan yang dianggap signifikan, dalam hal ini Budaya.

Dan mungkin kita bisa lebih mengenal seni apabila kita perlahan juga mengerti siapa diri kita dan bagaimana seni dan budaya berkontribusi akan identitas diri kita, dan bagaimana kita pun bisa berkontribusi terhadap perkembangan budaya dan masyarakatnya.http://www.dfwhcfoundation.org/wp-content/uploads/2013/10/Cultural-and-linguistic-competence-in-Patient-care_Sushma-Sharma-1.jpg

 

 

About mikebm (1163 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

2 Comments on Renungan Akhir Tahun: Seni Budaya dan Siapa Anda

  1. sedikit opini tentang tulisan ini : ulasan tentang seni dengan cakupan mengerucut sekaligus meluas sangat, seorang manusia sekaligus perannya. pertanyaan yang dilempar menjadi bahan refleksi yang perlu untuk selalu dicari jawabannya. pencarian (atau penentuan?) jati diri yang terus berubah. jawaban hari ini akan berbeda dengan jawaban beberapa bulan mendatang.

    menurut saya, pertanyaan yang dilempar menjadi sangat penting bagi manusia untuk mempertahankan jati diri. jangankan berdiskusi mengolah pertanyaan tersebut, melempar pertanyaan seperti itu saja sudah menjadi kontribusi yang luar biasa besarnya di masyarakat kita.

    salam,
    anugerah (inug)

  2. terimakasih bung inug… iya pertanyaan jati diri ini selalu penting ditanyakan dalam berproses untuk memudahkan kita menentukan arah ke depan…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: