Kabar Terkini

Dokumentasi dan Perencanaan Daerah


Apa kabarnya jika pemerintah level kabupaten memiliki perencanaan jangka panjang macam begini? Apakah dampaknya pada bagaimana seni berjalan dalam koridor perencanaan jangka panjang 15 tahunan seperti ini?

http://www.lewisham.gov.uk/myservices/planning/policy/Documents/CoreStrategyAdoptedVersion.pdf

Tautan di atas adalah bagaimana perencanaan sebuah borough (desa) di kota London. Perencanaan ini adalah untuk sebuah daerah dengan ukuran di antara kecamatan dan kotamadya. Kota London sendiri terbagi atas 32 buah borough. Perencanaan yamg sedemikian juga membuat perlunya perencanaan yang jelas pula di sisi berkesenian di mana organisasi seni berperan aktif mengisi celah-celah kegiatan pemerintahan dan mendukung tercapainya tujuan pemerintah daerah. Dengan mendukung tujuan pemerintah daerah, besar kemungkinan pula hubungan mereka akan terbangun sehingga pemerintah daerah borough dapat berperan aktif dengan mendukung kegiatan organisasi ini.

Organisasi yang diangkat di sini adalah kebijakan sebuah borough yang agak terbelakang dari segi pembangunan dibanding banyak pembangunan di kota London maupun di Inggris Raya sekalipun. Perencanaan bisa jadi hebat, namun menarik bagaimana organisasi ini menelurkan sebuah dokumen yang dapat diakses siapa saja di web dan kemudian dapat diakses dan didukung oleh berbagai organisasi non-profit dan for-profit untuk mencapai tujuannya.

Kini dengan melihat data seperti ini, adalah tergantung seorang administratur seni di daerah ini melihat celah yang ada dan kemungkinan kerja sama yang bisa dibangun. Apa saja kerja yang menurut Anda bisa dibangun di tempat dengan daerah seperti ini?

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: