Kabar Terkini

Jaap van Zweden Direktur Musik New York


Setelah banyak spekulasi, akhirnya ditentukan bahwa Jaap van Zweden yang saat ini menjabat direktur musik di Dallas Symphony, akan menggantikan Alan Gilbert sebagai direktur musik New York Philharmonic.

Di usia 19 tahun, van Zweden telah menjadi concertmaster dari Concertgebouw Orchestra di Amsterdam dan kemudian banting setir menjadi konduktor di usianya yang ke-30. Ia pun kemudian meniti karir konduktor dari awal dan kini di usia 55 menjadi direktur musik orkes ternama sekaligus tertua di AS New York Philharmonic.

Konduktor yang juga menjadi Direktur musik Hong Kong Philharmonic ini meskipun telah melanglang buana di seluruh dunia tetap diragukan oleh banyak pihak dikarenakan sikapnya yang di masa lalu yang banyak bersinggungan dengan musisi dari orkestranya sendiri sehingga terjadi ketegangan. Pun prestasinya bukanlah dianggap sebagai yang paling teratas saat ini untuk mengambil posisi di salah orkestra paling bergengsi di dunia ini.

Jaap van Zweden sendiri menerima dengan senang hati penunjukan ini, sebuah kesempatan yang ‘tidak dapat dilewatkan’. Ia pun memotong komitmennya dengan Dallas, dan memilih untuk keluar 1 tahun lebih cepat dari kontrak awal untuk dapat memenuhi kewajiban barunya di New York Philharmonic. Pelan-pelan spot kosong orkestra dunia yang cuci gudang sepertinya sudah mulai terisi.

About mikebm (1164 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: