Kabar Terkini

Bergerak Lebih Cepat dengan Musik Cepat


Ketika sedang memilih musik untuk didengarkan, orang akan dihadapkan pada pilihan untuk mendengarkan lagu yang cepat atau yang lambat. Banyak orang yang mendengarkan musik ketika sedang melakukan aktivitas sehari-hari. Sebagai contohnya bila sedang jogging, pemutar musik dan headphone seakan-akan menjadi aksesoris wajib untuk mengiringinya. Coba tanyakan kepada diri Anda atau teman-teman Anda yang hobi lari sambil mendengarkan musik, apa playlist lagu yang biasa didengarkan. Kemungkinan besar lagu yang didengarkan adalah lagu-lagu dengan tempo cepat bernada semangat seperti Final Countdown seperti dalam film Rocky Balboa, bukan Air on G String karya Bach. Pada berbagai aktivitas sehari-hari, playlist yang berbeda akan didengarkan tergantung situasi dan kondisi. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata memang kecepatan atau tempo musik ternyata memiliki pengaruh terhadap kecepatan seseorang melakukan aktivitas.

aftershokz-sport-male-running

Olahraga lari

Peneliti dari University of Plymouth, Judy Edworthy dan Hannah Waring, pada tahun 2006 melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh tempo dan volume musik terhadap kecepatan lari pada 30 partisipan di sebuah treadmill. Lagu yang diperdengarkan memiliki tempo yang kontras, yaitu 200 beats per minute (bpm) dan 70 bpm. Lagu tersebut kemudian diperdengarkan pada dua level kekerasan suara yang berbeda, yaitu 80 desibel untuk keras dan 60 desibel untuk lembut. Hasilnya ditemukan bahwa mendengarkan musik dengan tempo yang cepat baik dengan suara yang keras maupun lembut dapat meningkatkan kecepatan lari dan detak jantung dibandingkan dengan musik dengan tempo yang lambat dan tidak diperdengarkan musik sama sekali. Penelitian ini menunjukkan bahwa ternyata mendengarkan musik dapat meningkatkan performa seseorang ketika berolahraga.

Makan

Kegiatan lain selain olahraga yang bertambah cepat tergantung tempo musik yang didengarkan adalah makan. Penelitian dari Thomas C. Roballey dan para koleganya dari Fairfield University menemukan bahwa partisipan yang mendengarkan musik dengan tempo cepat mengunyah makanan lebih cepat dibandingkan yang mendengarkan musik lambat atau tidak mendengarkan musik sama sekali. Hasil tersebut didukung oleh Ronald E. Milliman dari Western Kentucky University bahwa musik dengan tempo cepat membuat pelanggan restoran menyelesaikan makananan lebih cepat dan pergi dari restoran lebih cepat.

girl-reading-book

Membaca

Kecepatan membaca seseorang ternyata juga bisa dipengaruhi oleh musik yang didengarkan. Kari Kalinen dari Helsinki melakukan penelitian dengan meminta partispan mendengarkan musik dengan tempo cepat (92 bpm), tempo lambat (66 bpm), dan tanpa musik sambil membaca sebuah koran. Pada penelitian tersebut, musik yang diperdengarkan adalah Brandenburg Concerto No. 2 karya Bach bagian pertama. Komposisi tersebut kemudian di edit agar memiliki tempo cepat dan lambat. Hasilnya ditemukan bahwa kecepatan dan efisiensi membaca seseorang lebih baik ketika mendengar musik dengan tempo cepat dibandingkan bila tidak mendengarkan musik. Hal yang menarik adalah mendengarkan musik dengan tempo lambat membuat partisipan membutuhkan waktu yang jauh lebih panjang dan pemahaman bacaan yang kurang baik dibandingkan dengan tempo cepat dan tidak diperdengarkan musik sama sekali.

Musik yang didengarkan ketika sedang mengerjakan aktivitas sehari-hari ternyata memiliki pengaruh baik disadari maupun tidak disadari pada seseorang. Penelitian-penelitian yang sudah dipaparkan tampak lebih fokus kepada musik cepat dapat meningkatkan kecepatan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan. Perlu diperhatikan bahwa selain tempo musik, terdapat faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi kecepatan seseorang beraktivitas seperti preferensi musik, keras atau lembutnya suara, dan kebisingan yang ada disekitar seseorang. Bagi Anda yang mendengarkan musik sambil melakukan aktivitas sehari-hari, mungkin bisa mulai diperhatikan lebih sering mendengarkan musik cepat atau lambat saat sedang beraktivitas dan apakah benar memengaruhi kecepatan Anda beraktivitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: