Kabar Terkini

Telah Berpulang Prof. Vincent McDermott


Hari Rabu ini, sebagaimana dikabarkan oleh musikolog Erie Setiawan, telah berpulang Prof. Vincent McDermott, seorang komponis, etnomusikolog, Indonesianis dan juga penulis telah berpulang di usianya yang ke-82 di Medan, Sumatera Utara.

Kariernya di bidang akademis dimulai di Hampton University, Virginia dan kemudian dilanjutkan di Wisconsin Conservatory of Music, di mana ia menjabat sebagai dekan dan direktur. Bergelar Profesor Emeritus Musik di Lewis & Clark College di Portland, Oregon, Vincent McDermott adalah seorang komponis yang aktif menggubah karya-karya baru untuk gamelan setelah berhasil dibujuk oleh komponis senior AS, Lou Harrison. Selain itu ia juga banyak menggubah karya untuk ensemble standar barat. Sebagai seorang musikolog, ia mengkhususkan diri pada studi musik Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ia pun telah banyak mendorong terbentuknya kelompok gamelan di Amerika Serikat dan menjadi promotor aktif seniman-seniman Indonesia untuk berkarya di negeri Paman Sam.

McDermott selain aktif bolak-balik Indonesia-AS, ia kemudian memilih tetap aktif mengajar, setelah ia resmi pensiun dari Lewis & Clark College di mana ia aktif sebagai pengajar sejak tahun 1977 hingga 1997. Ia pun kemudian menjadi dosen tamu di berbagai universitas di Asia, salah satunya Institut Musik Indonesia – Jogja, Universiti of Malaya – Kuala Lumpur, Osaka City University.

Ia pun juga aktif menulis, salah satu bukunya Imagi-nation: Membuat Musik Biasa Jadi Luar Biasa adalah pesannya bagi banyak komponis dan pecinta musik Indonesia (resensinya dapat dilihat di sini). Sumbangsihnya pada musik Indonesia dalam bentuk penelitian, pengajaran dan publikasi menjadi sentral dalam kehidupannya. Selamat jalan, Prof…

About mikebm (1164 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: