Kabar Terkini

3 Cara Memilih Piano Sesuai Kebutuhan


Grand Piano dengan ukuran yang lebih besar umumnya akan memiliki kualitas suara/tone yang lebih kaya, lebih powerful dan juga suara yang lebih panjang .

Tetapi jikalau ukuran grand piano terlalu besar dibandingkan dengan ukuran ruangan yang akan ditempati maka akan menghasilkan suara yang berisik dan tajam yang sangat tidak nyaman di telinga. Hal ini dikarenakan ruangan yang terlalu kecil tidak akan sanggup menampung resonansi suara yang dihasilkan oleh grand piano tersebut .

Grand piano dengan ukuran besar akan memberikan kualitas suara yang lebih baik jikalau didengarkan dari jarak tertentu yang tidak terlalu dekat. Sebaliknya jikalau  ukuran grand piano terlalu kecil dibandingkan dengan ukuran ruangan, maka volume suara yang dikeluarkan grand piano akan terlalu kecil sehingga tidak akan cukup terdengar dengan baik.

Untuk mendapatkan kualitas suara yang ideal maka sebagai pembeli kita harus memperhatikan ukuran piano dan ukuran ruangan di mana piano tersebut akan ditempatkan.

Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan pilihan ukuran grand piano:

  1. Volume Udara
    Jumlah volume udara di dalam suatu ruangan ditentukan oleh ukuran ruangan di mana grand piano tersebut akan ditaruh. Biasanya jumlah total panjang dinding ruangan paling tidak harus 10 kali dari panjang grand piano yang akan ditaruh di ruangan tersebut, dengan asumsi tinggi langit langit rumah (ceiling) minimal adalah 2.5  meter.
    Sebagai contoh ruangan 4 X 6 meter (total panjang dinding 4 + 4 + 6 + 6 = 20 meter) akan bisa mengakomodir grand piano dengan ukuran panjang 2 meter. Jadi menempatkan grand piano dengan ukuran yang terlalu besar di ruangan yg kecil belum tentu akan menghasilkan suara yang baik meskipun grand piano tersebut sebenarnya memiliki kualitas suara/tone yang sangat baik. Jikalau ruangan kita kecil dibandingkan dengan ukuran grand piano, tetapi ruangan itu memiliki pintu yg menghubungkan ruang tersebut dengan ruangan lain, maka dengan membuka pintu pada saat bermain piano akan membantu memberikan suara yang lebih jelas terutama untuk suara oktaf rendah/bass.
  2. Accoustic Property
    Selain volume udara, hal lain yang perlu diperhatikan dalam menentukan ukuran grand piano adalah seberapa besar ruangan tersebut memantulkan suara. Lantai keramik, tembok beton dan pintu/jendela kaca akan memantulkan suara yang cukup keras.
    Menaruh karpet di bawah grand piano merupakan salah satu cara untuk  mengurangi pantulan suara grand piano yang terlalu keras. Demikian juga dengan menaruh furniture ataupun rak buku dari kayu di dalam ruangan juga akan membantu menyerap suara yang dikeluarkan oleh grand piano.
  3. Penempatan grand piano dalam ruangan
    Untuk memberikan suara yang maksimal maka penempatan grand piano bisa ditempatkan di dekat sudut ruangan di mana tutup piano (piano lid) ketika dibuka akan mengarah ke ruangan yang lebih besar dan ke tengah ruangan sehingga suara yang dikeluarkan oleh  grand piano tersebut akan tersebar ke seluruh ruangan. Untuk ruangan yang lebih kecil, menempatkan piano dalam sebuah sudut tertentu, dan lid tidak paralel dengan tembok juga dapat membantu meringankan efek pantul sehingga suara piano tidak terlalu nyaring di telinga.

Artikel advertorial ini dipersembahkan oleh Jakarta Piano Gallery – The Gallery of Premium Second Hand Grand Piano. Kunjungi website kami  www.jakartapianogallery.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: