Kabar Terkini

Nicholas Harnoncourt Telah Tiada


Nicholas Harnoncourt telah tiada di usianya yang ke 86. Konduktor berkebangsaan Austria ini wafat di rumahnya kemarin. Berasal dari keluarga bangsawan Eropa, Harnoncourt menjadi salah satu konduktor dan musikolog utama yang mengusung demam pertunjukan dengan musik kuno dan alat musik otentik. Ia pun secara aktif menyelamatkan manuskrip dan instrumen bersejarah dari kerusakan-kerusakan. 

Terlatih sebagai seorang cellis, Harnoncourt selalu terlihat memiliki ketajaman dalam mengolah irama dan mendetail dalam menyeimbangkan bobot dengan kegairahan musik. Ia pun berperan mengenalkan pendekatan gaya musik otentik pada orkestra-orkestra raksasa. Menolak disebut ‘maestro’, Harnoncourt pernah dimusuhi Karajan dan ditutup untuk kembali ke Salzburg karena interpretasinya yang berbeda dan dijunjung banyak orang di asal kariernya. Sebagai seorang konduktor, ia dikenal sebagai seorang yang rendah hati dan enggan masuk ke glamornya dunia konduktor, meski ia terhitung sebagai salah satu konduktor terpandang dunia. Ia mendirikan Concentus Musicus Wien dan terakhir menjabat sebagai Dirigen Tamu Kehormatan di orkestra bergengsi dan disebut sebagai salah satu orkestra terbaik dunia Concertgebouw Orchestra dan selalu aktif hingga Desember kemarin sebagai pembimbing banyak musisi muda.

About mikebm (1164 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: