Kabar Terkini

4 Cara Merawat Grand Piano


Pembelian grand piano dengan kualitas yang baik adalah investasi jangka panjang. Supaya grand piano kita bisa memberikan performa yang maksimal maka kita harus merawat dan menjaga piano tersebut. Juga perlu dicatat, grand piano dengan kualitas yang baik jikalau dirawat dengan benar akan bisa bertahan sampai beberapa generasi.

Di bawah ini beberapa tips dalam merawat grand piano:

  1. Menjaga kelembaban dan suhu udara
    Perubahan kelembaban dan suhu udara yang ekstrim akan sangat membahayakan grand piano anda terutama untuk soundboard yang adalah jantung dari piano dan juga komponen piano seperti hammer shank & flank.
    Untuk itu kami menyarankan agar kelembaban & suhu udara dijaga agar relatif stabil antara 45-55 % agar supaya grand piano anda bisa memberikan performa yang baik. Dan suhu udara yang ideal untuk grand piano adalah sekitar 20–25 derajat celcius.
  2. Tuning
    Adanya perubahan kelembaban udara yang ekstrim dan juga karena semakin sering dimainkan, maka akan mengakibatkan grand piano tersebut menjadi out of tune/fals karena terjadi perubahan pada konfigurasi dan setting pada senar. Untuk itulah perlu dilakukan tuning secara berkala, yang idealnya dilakukan setiap 6 bulan sekali.
    62348-004-5d85da47
  3. Voicing
    Grand piano sebagai instrumen akustik memiliki karakter suara yang bermacam-macam, ada yang bright dan juga ada yang mellow, tergantung individu instrumen. Dan setelah dimainkan dalam waktu yang lama, akan ada terjadi pula perubahan karakter suara pada grand piano Anda.
    Untuk  mendapatkan suara seperti yang kita inginkan maka diperlukan teknisi professional untuk melakukan voicing  pada hammer head piano Anda. Selain itu setelah grand piano dimainkan dengan intensitas yang tinggi dalam waktu yang cukup lama maka akan menyebabkan bentuk hammer head berubah, sehingga perlu dilakukan voicing pada grand piano tersebut.
  4. Regulation
    Grand Piano mempunyai lebih dari 12,000 komponen. Dan seiring dengan semakin tinggi intensitas grand piano tersebut dimainkan dan juga karena adanya perubahan kelembapan dan suhu udara, maka lama kelamaan akan terjadi perubahan bentuk dan dimensi pada komponen piano seperti pada hammer, felt dan juga action dari piano. Selain itu, untuk menjaga tingkat responsiveness dari grand piano tersebut, maka perlu dilakukan regulation yaitu pengaturan kembali ataupun penggantian komponen yang ada pada grand piano tersebut.
    Dibutuhkan ketrampilan dari teknisi yang profesional dan berpengalaman untuk bisa melakukan Regulation dengan benar, di mana teknisi yang profesional membutuhkan waktu berhari-hari untuk melakukan regulation untuk satu buah grand piano.

Di Indonesia sendiri masih sedikit teknisi professional yang berpengalaman yang bisa melakukan Tuning, Voicing dan Regulation dengan benar.

Jakarta Piano Gallery menyediakan kebutuhan anda akan teknisi professional yang berpengalaman untuk merawat grand piano Anda.

Kunjungi website kami www.jakartapianogallery.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: