Kabar Terkini

Zaha Hadid Arsitek Gedung Kesenian Bandung Wafat


Bagi yang mendengar bahwa Bandung merekrut arsitek terbaik Inggris, Zaha Hadid, untuk mulai merancang pusat kesenian di kota Bandung beberapa waktu lalu, kabar ini adalah kabar duka. Arsitek kenamaan Inggris yang memiliki spesialisasi merancang gedung-gedung artistik yang seringkali digunakan untuk pusat kesenian wafat dini hari ini.

Dame Zaha Hadid dan Museum Riverside Glasgow

Dame Zaha Hadid adalah seorang arsitek wanita kelahiran Baghdad, Iraq 65 tahun lalu. Menurut BBC, wanita pertama yang menerima medali emas Royal Institute of British Architects di tahun ini dan peraih anugerah arsitektur Pritzker Prize dan dua kali anugerah Stirling Prize ini meninggal di sebuah rumah sakit di Miami akibat serangan jantung. Sebelumnya ia dirawat di rumah sakit tersebut dikarenakan bronchitis yang dideritanya.

Karya-karyanya sudah tersebar di seluruh dunia, seperti Vitra fire station di Weil Am Rhein, Jerman (1993), Italian National Museum of 21st Century Arts di Roma (2009), London Aquatics Centre – untuk Olimpiade London 2012 (2011), the Heydar Aliyev Centre di Baku (2013) dan stadium sepakbola untuk piala dunia di Qatar 2022 dan Riverside Museum di Glasgow.

Baru dua bulan lalu tim dari perusahaan arsitektur Zaha Hadid Architects datang ke Bandung untuk menjalani pertemuan pertama perancangan gedung kesenian Jawa Barat di Bandung, kala itu pertemuan dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Meskipun sebagai pemilik sekaligus direktur utama, Zaha Hadid bukanlah satu-satunya arsitek di perusahaan tersebut, namun hilangnya nama besar di sebuah perusahaan seperti ini bisa jadi berakibat besar hengkangnya arsitek-arsitek unggulan dari perusahaan Zaha Hadid Architects.Bagaimana proyek ini akan berlanjut belum ada kabar lebih lanjut. Akankah tetap dilanjutkam dengan Zaha Hadid Architects? Semoga saja rencana membangun gedung kesenian di Bandung tidak terganggu karena peristiwa duka ini.

Dunia arsitektur kehilangan, juga dunia seni di mana sumbangsih Zaha Hadid begitu nyata lewat proyek-proyek besarnya yang indah.

About mikebm (1164 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: