Kabar Terkini

Musik Penting Karena…


Pentingnya musik tidak bedanya dengan sebuah misteri. Para filsuf mengupasnya dan menelaahnya dengan seksama, beberapa hanya terbuai dalam keajaibannya, itulah istimewanya musik. Ketika kita sibuk merangkai kata dalam lamunan, musik dikupas dengan terampil di buku ini.

David Hesmondhalgh adalah profesor studi media dan industri musik di University of Leeds. Dalam buku akademiknya yang terbit tahun 2013 ini, ia mencoba mengupas dengan cara seperti apa musik penting, sebagaimana judul buku ini ‘Why Music Matter?’

Dalam narasinya, ia mengutamakan sebuah pembelaan bagi musik, sebuah hal yang mungkin dianggap aneh, terutama oleh mereka yang berpendapat bahwa musik adalah sebuah seni adiluhung yang tidak perlu dibela. Namun demikian, beragam terpaan pandangan akan konstruksi musik sebagai sebuah seni dalam sejarahnya selalu dihantam oleh berbagai cara pandang yang mencoba menegasikan signifikansi musik yang terdahulu. Musik sebagai sebuah seni yang mencerahkan pendengarnya kemudian dihantam silih berganti oleh pandangan akan pentingnya aspek sosial dari musik yang menekankan bahwa musik penting karena menjadi perekat dalam berkehidupan. Dan beberapa waktu ini, musik kini perlahan tidak dilihat dari aspek sosialnya, namun perlahan bergeser kepada posisinya dalam roda ekonomi.

Hesmondhalgh mencoba secara akademis menjawab pentingnya musik dalam kehidupan lewat diskusi akademik yang ia bangun di buku ini. Berangkat dari pendekatan psikoanalitis, Hesmondhalgh membangun bagaimana emosi, perasaan dan aspek intelektual terpengaruh secara positif oleh musik. Tulisannya kemudian mengarah pada bagaimana relasi antar manusia seperti cinta, seks dan seksualitas tergarap dan tercermin dalam musik yang diwakilkan oleh generasi hedonistik di lantai dansa tahun 1980-an.why music matters hesmondhalgh

Ia pun kemudian membangun argumen bagaimana konsep tempat, waktu dan lingkup sosial yang terbangun, tercermin lewat musik yang menggambarkan intrikasi pergerakan sosial antar kelas. Argumennya pun ia tutup dalam lingkup yang paling luas yakni ‘commonality’ dan kosmopolitanisme yang merekatkan kemanusiaan, dan meretas batas.

Di dalam masing-masing diskusi ini, ia mengupas konsep dan narasi psikologis, historis, sosiologi, kajian musik populer dan etnomusikologi dan keterkaitan dengan perkembangan narasi yang beragam. Sejarah musik blues hingga punk serta tango dibahas, bersama dengan gelagat gempita rockstar tahun 1970-an yang menjadi bahasan baginya untuk merumuskan alasan pentingnya musik bagi kehidupan.

Tidak banyak buku yang secara lantang bersuara tentang pentingnya musik yang tercermin dala, perannya selama ini. Buku ini pantas dibaca musisi, budayawan, pelajar, manajer, pengamat, sosiolog pebisnis hingga pecinta musik. Hesmondhalgh pun menjawab dengan pasti bahwa musik memiliki batasan sekaligus juga kekuatan dalam berbagai rupa dan dimensinya. Sebuah pertanyaan filosofis yang dijawab tidak dengan mengawang-awang bak lamunan, namun dalam 150 halaman elegan yang langsung tepat sasaran.

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

2 Comments on Musik Penting Karena…

  1. #speechless#
    very awesome of yours..

  2. jadi pengen baca bukunya,

    “Hesmondhalgh membangun bagaimana emosi, perasaan dan aspek intelektual terpengaruh secara positif oleh musik.”

    seperti tentara jaman dulu yang kalo perang selalu bawa genderang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: