Kabar Terkini

Komika Dodit Dilarang Bawa Biola Masuk Pesawat karena Membahayakan


Belum dingin kasus kemarin soal tidak boleh dibawa masuknya kontrabas ke dalam kereta, kini muncul kisah baru yakni dilarangnya komika Dodit untuk masuk membawa biola ke dalam pesawat. Kejadiannya di hari Minggu tanggal 1 Mei kemarin di Bengkulu.

Netizen telah ramai dengan sanggahan bahwa pelarangan ini adalah kesalahan. Gelombang ini terjadi akibat Dodit melaporkan kisah ini lewat kicauan di twitternya(@Dodit_Mul). Biola adalah alat musik yang sebenarnya tidak masuk dalam aturan aviasi manapun yang melarang naik ke dalam pesawat. Biola sendiri adalah alat Dodit Mulyanto untuk hidup sebagai seorang komika yang biasa melawak sembari memainkan biola ini. Dodit pun selama dua hari ini menuntut agar petugas bandara meminta maaf yang mendapat sambutan antusias banyak netizen.

Anehnya adalah jawaban dari Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Bandara Fatmawati Bengkulu, Sarosa sebagaimana dilansir situs Pedoman Bengkulu di tanggal 3 Mei ini.

“Tidak mungkin disebutkan bendanya satu persatu, tapi dijelaskan ada benda yang bisa digunakan untuk tindakan melawan hukum,” ungkapnya seraya menyampaikan biola memiliki senar yang bisa digunakan untuk melawan hukum.

“Mungkin tidak digunakan oleh Dodit, tapi kan bisa digunakan oleh orang lain yang punya niat jahat,” sambungnya. Karena itulah, ia menyampaikan tidak ada toleransi bagi penumpang membawa barang tersebut. ~Pedoman Bengkulu

Mengerikan sekali bagi mereka yang membawa biola apabila senar biola dikatakan dapat digunakan sebagai alat yang mampu membahayakan penumpang yang lain. Kalau bicara dalam logika Kepala Subbag Humas, garpu di dalam pesawat pun juga dapat tergolong sebagai barang berbahaya. Kasubbag Humas Sarosa pun menyatakan bahwa petugasnya tidak bersalah karena kukuh melarang biola ini naik ke atas kabin sama sekali dan menuntut untuk dikargokan. Pun seperti biasa, tidak ada jaminan bahwa biola akan tetap dalam keadaan utuh apabila masuk ke dalam kargo. Dodit pun dituduh mencari sensasi lewat permasalahan ini. Dodit pun berkeras bahwa petugas minta maaf.

Permasalahan ini dibawa ke akun twitter @Kemenhub151 karena Angkasa Pura I lewat @AP_Airports mengalihkan isu ini ke Kementerian Perhubungan yang menjawab tanggal 3 Mei ini bahwa biola sebenarnya dapat naik ke atas kabin apabila di-wrapping plastik dengan benar sehingga tersegel. Jawaban ini pun menandakan adanya inkonsistensi peraturan dalam penerbangan Indonesia. Dodit berargumen bahwa di Bandara Juanda Surabaya ia diperkenankan membawa biolanya serta tanpa ada wrapping. Di Bengkulu dikatakan bahwa harus masuk kargo tanpa ada opsi wrapping. Sedang Kemenhub menyatakan hanya perlu bungkus plastik wrapping untuk naik ke kabin. Jadi yang benar yang manakah? Mungkin hanya Tuhan yang tahu.

Sebagai informasi, berkali-kali masalah seperti ini sebenarnya terjadi dalam dunia penerbangan nasional. Semuanya senyap dikarenakan tidak semua musisi memiliki twitter dengan follower 474 ribu orang seperti Dodit. Sayangnya tidak juga ada kejelasan dari regulator mengenai permasalahan ini. Demikian pula inkonsistensi terjadi berulang dan sayangnya tidak pernah ada jaminan dari maskapai penerbangan bahwa biola akan aman meski masuk kargo. Juga tidak kejelasan regulasi yang ada. Padahal sebuah biola bisa saja berharga puluhan bahkan miliaran rupiah, tergantung kualitasnya. Dan yang pasti, tanpa peduli mahal ataupun murah, musisi hanya bisa ataupun Dodit yang hidup hanya dari instrumen musiknya hanya dapat gigit jari ketika instrumen musiknya remuk redam.

~kabar dari Bhetsy Angelina

About mikebm (1163 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

2 Comments on Komika Dodit Dilarang Bawa Biola Masuk Pesawat karena Membahayakan

  1. kebanyakan musisi masih ngalamin permasalahan dengan transportasi jarak jauh macam pesawat terbang, baru tau juga soal contrabass yg ga bisa masuk ke dalam kereta (ini ngaco banget ya)… tapi spertinya yang hampir semua musisi alamin ya ngotot dgn orang bandara atau pihak maskapainya untuk bisa masukin barang ke kabin, karena memang penanganan orang bagasi pesawat masih ga bisa dipercaya, percuma jg pke hardcase karena bopak2 juga.. ada maskapai tertentu yang memperbolehkan musisi membawa instrumentnya ke pesawat sih.. apakah indonesia memiliki organisasi musisi / asosiasi yang bisa mengurus permasalahan musisi sejenis ini? diluar negri kyknya ada, mungkin kita bisa memancing musisi indonesia untuk memperjuangkan haknya..

  2. memang menjadi seorang komedian itu susah juga ya, harus cerdas dalam mengelola kata-kata yang lucu,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: