Kabar Terkini

Uni Eropa Galau Orkestra


Uni Eropa galau soal orkestra pemudanya. European Union Youth Orchestra (EUYO) setelah sempat dibekukan dan dibubarkan di tanggal 12 Mei 2016 oleh Komisi Eropa. Kabar yang cukup mengejutkan untuk sebuah orkestra yang selama 40 tahun ini didukung penuh oleh Uni Eropa. Namun per tanggal 1 Juni kemarin pembekuan dan pembubaran dicabut dikarenakan tekanan yang bertubi-tubi dari banyak pihak.

Kabar punya kabar adalah pembekuan ini sebenarnya tidak didukung oleh ke-28 anggota Uni Eropa. Masing-masing negara lewat Parlemen Eropa terus mendukung dengan memberikan alokasi anggaran untuk orkestra yang dicanangkan oleh Claudio Abbado ini. Namun ternyata Komisi Eropa, badan eksekutif supernasional yang bertanggung jawab atas program-program dan inisiatif di level Uni Eropa, memutuskan untuk memotong program ini untuk menghemat anggaran.

Sontak jagad maya dan para musisi Eropa dan di berbagai belahan dunia pun angkat suara bersama dengan para politisi di negara-negara anggota Uni Eropa di antaranya:

  • Menteri Budaya Jerman, Monika Grütters
  • Berlin Philharmonic
  • Semyon Bychkov
  • Simon Rattle
  • Ratusan alumni orkestra ini yang kini tersebar di berbagai orkestra profesional di Eropa

Komisioner Pendidikan, Pemuda, Kebudayaan dan Olahraga  Uni Eropa Tibor Navracsics, dikecam oleh berbagai pihak dikarenakan tidak mampu menjelaskan dasar-dasar pengambilan keputusan yang jelas dalam membubarkan EUYO, terutama ketika ditanyai oleh seorang menteri dari Austria dalam sebuah sidang (lengkapnya di sini) Alhasil, ia pun kemudian dicap sebagai pejabat yang ignoran dan tidak kompeten dalam mengelola bidangnya.

logo-405x398Seruan pun akhirnya mendapatkan hasilnya. Di sidang 1 Juni ini, isu ini akhirnya ditangani langsung oleh Ketua Komisi Uni Eropa yang akhirnya memutuskan untuk menggelontorkan 600,000 euro untuk menyelamatkan EUYO di tahun 2016. Keputusan ini diambil setelah Parlemen Eropa turun tangan langsung untuk menyelamatkan orkestra ini lewat amandemen keputusan program Creative Europe.

Di satu sisi, keputusan ini cukup melegakan, namun di sisi lain 600,000 euro bukanlah jumlah yang banyak untuk berdirinya sebuah orkestra multinasional yang merupakan gabungan 28 negara ini. Keputusan jangka menengah dan panjang masih dibutuhkan apabila negara-negara di Eropa masih menginginkan sebuah wadah kultural bersama dalam bentuk orkestra ini.

Iklan
About mikebm (1262 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: