Kabar Terkini

8 Efek Keputusan Brexit pada Kesenian Inggris


Media massa dunia heboh dengan keputusan referendum di Inggris Raya kemarin. Negara monarki parlementer ini akhirnya memutuskan untuk hengkang dari Uni Eropa. Menurut satu sumber, industri kreatif Inggris pada referendum kemarin 95% memilih untuk menetap di Uni Eropa, sisi yang kalah. Di saat banyak pihak bertanya-tanya apa efek Brexit untuk kesenian di Inggris, berikut adalah beberapa hal yang dapat penulis cermati lewat ilmu manajemen seni ketika kebijakan ini menjadi kenyataan:

  1. Inggris akan kehilangan banyak talenta. Seni adalah industri yang mengutamakan talenta dan pergerakan manusia. Tanpa suplai talenta yang mumpuni dari berbagai negara di Eropa akibat ketatnya perbatasan dan permohonan visa kerja akan menyusutkan jumlah tenaga kreatif yang dapat berkarya di Inggris baik untuk pekerjaan jangka panjang maupun pekerjaan jangka pendek. Saat ini ketika Inggris berada di EU, setiap warga negara Uni Eropa berhak untuk menyeberangi perbatasan ke Inggris dengan bebas tanpa larangan apapun, termasuk untuk menetap bekerja maupun untuk mengerjakan proyek singkat. Pendidikan pun akan terpukul karena Inggris akan kehilangan banyak mahasiswa seni dari Uni Eropa dan juga dosen-dosen berkualitas dari Uni Eropa. Panggungpun juga akan kehilangan maraknya pertukaran seniman dari Uni Eropa.
    .
  2. Inggris harus membuat kepastian hukum untuk Hak Kekayaan Intelektual. Industri kreatif dan seni adalah industri yang berlandaskan apresiasi akan kekayaan intelektual. Saat ini Inggris meratifikasi hukum kekayaan intelektual dari Uni Eropa, sedangkan hukum lokalnya telah dipensiunkan dan tidak lagi diperbaharui. Memilih untuk keluar dari EU berarti Inggris harus bersiap untuk membenahi aspek legal dari kekayaan intelektual mereka yang telah ketinggalan selama beberapa tahun terakhir.
    .
  3. Kerjasama antar lembaga menjadi lebih rumit. Saat ini banyak lembaga kesenian di Inggris yang menjalin kerjasama dengan lembaga di Eropa. Namun dengan keluarnya Inggris dari EU, terma kerjasama akan menjadi lebih rumit untuk difinalisasi, terlebih karena regulasi perpajakan yang berbeda kemungkinan akan berbeda antara Inggris dengan EU. Selain itu, kerja sama ini juga mungkin akan menyangkut birokrasi yang lebih rumit.
    .
  4. Apresiasi talenta Inggris akan menurun. Semakin sulitnya lalu lintas manusia ini juga berarti menurun pula kesempatan kerja bagi warga Inggris di negara-negara Eropa. Seniman Inggris pun harus banyak membayar mahal untuk mendapatkan kesempatan berkarya di Uni Eropa. Kesempatan seniman independen pun akan lebih sempit, terutama karena hanya mereka yang memiliki modallah yang akan mampu menembus bahkan pasar tetangga seperti Prancis dan Republik Irlandia. Lalu lintas seniman Inggris pun akan sangat terbatas dan hanya terfokus pada negerinya sendiri.
    .
  5. Lalu lintas produk kreatif akan tersendat. Perjanjian bebas arus barang antara negara di Uni Eropa memungkinkan lalulintas barang kreatif yang mudah. Ketika Inggris keluar dari Uni Eropa, mereka harus memenuhi persyaratan bea dan cukai yang akan meningkatkan ongkos dan juga legalitas lain ketika akan mengekspor produk kreatif mereka. Di sisi lain peraturan bea cukai Inggris dengan negara Uni Eropa dapat dikatakan tidak ada saat ini dan masih harus dibuat dan disahkan. Bahkan untuk memindahkan barang pameran pinjaman pun akan cukup rumit untuk lalu lintas barang.
    .
  6. Sokongan dana seni akan menurun. Uni Eropa adalah penyokong dana kesenian yang cukup besar. Untuk sebuah negara yang tidak banyak berkomitmen untuk mendukung kesenian seperti Inggris, dukungan dari Uni Eropa menjadi salah satu sumber pendanaan bagi banyak proyek-proyek kesenian di Inggris. Hal ini juga dikarenakan negara-negara kontinental di Eropa yang sangat berpengaruh di EU seperti Jerman, Prancis dan Belgia memiliki sokongan yang kuat untuk kesenian sehingga tercermin dalam kebijakan kesenian EU dan persentase sokongan kesenian untuk negara-negara EU. Di pihak Inggris pun apabila akan terjadi pengetatan anggaran dan mode austerity seperti yang saat ini terjadi, kemungkinan besar sokongan senilah yang akan dipangkas terlebih dahulu.
    .
  7. Jadi ujung tombak identitas bangsa. Kesenian memiliki pengaruh yang sangat sentral dalam memproyeksikan identitas sebuah bangsa. Meski Inggris akan dicap sebagai negara yang reklusif dan anti asing, namun keseniannya akan memegang peranan penting sebagai perwujudan identitas bangsa. Dalam keadaan inilah, kesenian harus berani ambil tanggung jawab sebagai perwujudan identitas tersebut dan mengangkat nilai-nilai luhur bangsa itu.
    .
  8. Kesenian akan menjadi sumber penghiburan. Dalam kondisi sulit, seniman biasanya akan menghasilkan karya-karya yang fenomenal dan akan mencapai titik terkreatif mereka. Kesenian pun juga akan menjadi tumpuan harapan dan penghiburan bagi sebuah bangsa yang sedang dalam kondisi tertekan. Tergantung apakah seniman mampu menjadi jawaban akan kebutuhan tersebut.

Apakah dalam keadaan ini kesenian di Inggris akan maju dan berkembang? Memang banyak jawab menunjukkan Inggris akan menghadapi masa depan yang gelap setelah Brexit, namun hal ini tidak menutup kemungkinan justru kesenian sebagai wadah ekspresi akan berkembang pesat dalam keterbatasan yang ada. Jawabnya memang tidak seketika, namun kesiapan seni Inggris adalah mutlak dalam hal ini.

~usai mencerna artikel:

 

About mikebm (1163 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: