Kabar Terkini

Bagaimana Program Kita Mencerminkan Audiens?


Program kesenian adalah sebuah peristiwa sosial, karenanya program yang diselenggarakan oleh organisasi kesenian, bahkan hingga pilihan lagu konser yang dibawakan oleh kelompok musisi menggambarkan profil dari audiens sekaligus pula pemahaman akan profil audiens sekaligus pula dinamikanya.

Program pun juga mencerminkan ‘brand‘ dan citra dari organisasi tersebut, juga bahkan secara khusus visi pengarah artistiknya. Tidak sedikit pula kita bisa melongok masuk ke dalam dinamika organisasi, seakan membaca organisasi seni lewat teknik psikoanalisis. Meskipun organisasi bisa saja berkelit bahwa ia menyusun program bukan dari selera pasar, namun berasal dari wahyu dan citarasa tinggi senimannya, bagaimanapun interaksinya dengan audiens sesedikit apapun jumlahnya adalah peristiwa sosial yang menggambarkan program tersebut dan penerimaannya di tengah masyarakat.

Program bisa saja menjadi populis ataupun elitis, hanya dengan menilai siapakah yang terjaring dalam lingkup penontonnya.

Pertanyaan ini sebenarnya sangat sederhana dan dapat diajukan kepada setiap organisasi seni dan setiap organisasi seni juga harus siap menilai diri sendiri dan sadar akan keberadaannya di dalam lingkup sosial. Program disusun sebenarnya menarik akan penonton yang macam apa? Audiens apakah yang ingin digarap organisasi dan apakah sudah sesuai dengan program yang ditampilkan?

Persoalan berikutnya adalah apakah penyelenggara dan tim artistik rela untuk jujur menjawabnya.

About mikebm (1163 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: