Kabar Terkini

2 Minggu Ramai Prestasi Paduan Suara


Dua minggu ini adalah minggu musim panas di Eropa di mana kompetisi-kompetisi banyak berlangsung di sela libur musim panas. Dan meski tidak merayakan musim panas, paduan suara Indonesia ikut memanen gelar-gelar dari kompetisi ini berikut adalah beberapa kabarnya:

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Parahyangan di Debrecen

PSM Unpar tahun ini berlaga di Béla Bartók 27th International Choir Competition Debrecen, Hungaria, salah satu kompetisi paduan suara amatir di dunia dan meraih  juara II untuk kategori chamber choir dan juara III untuk kategori mixed choir yang berlangsung pada tanggal 7-10 Juli 2016. Berlaga di bawah arahan konduktor Indonesia yang kini menetap di Belanda, Ivan Yohan, di kompetisi yang tergolong berat dan tahun ini diikuti paduan suara terbaik dari 17 negara dan memasuki tahun ke-27, paduan suara ini mencapai hasil yang memuaskan dalam kompetisi internasional, demikian tutur Karen Laurencia, salah satu chorister PSM Unpar. Ivan Yohan juga meraih penghargaan Special Prize for Excellent Conducting Performance.

The Resonanz Children Choir di Venezia

Paduan suara anak The Resonanz Children Choir di bawah pimpinan Devi Fransisca meraih juara pertama untuk kategori Children’s and Youth Choir, dengan nilai 94.5, dan memperoleh Gold Diploma Level II dan berdasarkan urutan nilai meraih juara umum (grand prix) dalam kompetisi paduan suara Claudio Monteverdi Choral Competition 2016 yang tahun ini (menurut FB page resmi) memasuki tahun kedua penyelenggaraannya. Diadakan di kota bersejarah Venezia, paduan suara yang mengirimkan 42 orang anggotanya berhasil mengangkat kualitas secara umum terlebih dengan penilaian yang sedemikian tinggi. Tahun ini dengan 5 paduan suara pilihan yang tembus ke babak kompetisi utama, Resonanz meneruskan tradisi prestasinya dalam empat tahun terakhir.

Medan Community Male Choir di Singapura

Dalam kompetisi Orientale Concentus IX yang diadakan di Singapura, Paduan Suara yang tergolong muda dan baru digarap di bawah arahan Ken Steven meraih Gold Diploma Grade III untuk Ensemble Category and Gold Diploma Grade II untuk Equal Voices Category tanggal 1-4 Juli ini. Dalam kompetisi ini Ken Steven yang adalah pemenang Kompetisi Dirigen Paduan Suara 2015 lalu juga meraih prestasi sebagai gelar Outstanding Young Conductor. MCMC sendiri adalah paduan suara berbasis di Medan yang dikhususkan untuk mengembangkan talenta penyanyi pria dalam format paduan suara.

Borneo Cantata di Spittal

Paduan suara Borneo Cantata menjajal salah satu kompetisi paduan suara paling bersejarah di Eropa. Memasuki penyelenggaraan ke-53, Borneo Cantata mengikuti Internationaler Chorwettbewerb di dua kategori: Folkslieder (lagu rakyat) dan Kunstlieder (art song). Di antara para peserta dengan kualitas tinggi ini, Borneo Cantata meraih 81 dan 80 di dua kategori ini. Meskipun belum meraih kemenangan, ini adalah kali pertama Borneo Cantata menjajal kompetisi di luar negeri, sebuah langkah berani untuk paduan suara dari Kalimantan untuk melangkah ke pentas internasional di bawah arahan Agustinus Bambang Jusana. Spittal an der Drau Austria yang tergolong sangat menantang dengan tradisi kualitas selama 53 tahun terakhir.

Pangudi Luhur Youth Choir di Llangolen

Paduan suara dari sekolah Pangudi Luhur berhasil menjaring Juara III untuk kategori senior children’s choir, Juara I children’s folk song choir dan karena pertasi umumnya mendapatkan Champion Children’s Choir of the World di Llangolen International Music Eisteddfod di Wales, Inggris. Sonja Simanjuntak selaku pemimpin paduan suara juga meraih prestasi Best Inspirational Conductor dalam kompetisi yang diselenggarakan 7-10 Juli ini. Festival ini telah berlangsung sejak 1947 dan menawarkan beberapa kategori untuk kompetisi kelompok amatir dan diikuti berbagai bidang dari paduan suara hingga tari dan ensemble.

Demikian laporan terakhir dari berbagai pentas dan kompetisi paduan suara Indonesia di dunia per tanggal 10 Juli ini.

UPDATE: 16:45 waktu London

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta di Sochi

PSM UAJY mengikuti kompetisi paduan suara World Choir Games di Sochi, Rusia yang menjadi rangkaian kompetisi internasional dengan sistem olimpiade paduan suara. Paduan suara yang dipimpin oleh Raymundus Leonardo ini meraih prestasi medali emas II di dua kategori: Scenic Folklore dan Mixed Youth Choir dan medali perak untuk kategori Scenic Pop/Show choir. World Choir Games adalah program dari International Federation of Choral Music yang berlangsung 2 tahun sekali dan menjaring paduan suara yang terdaftar dalam rangking terbaik dalam

 

 

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

1 Trackback / Pingback

  1. Bagaimana Paduan Suara Anak Memikat Publik? – A Musical Promenade

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: