Kabar Terkini

Adakah yang Paham Soal Data Pokok Kebudayaan ini?


Adakah yang paham dengan keberadaan Data Pokok Kebudayaan yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan?

Sebenarnya menarik melihat bagaimana telah dibangun kesadaran untuk para pemangku kepentingan di pemerintah untuk mengembangkan suatu basis data yang mengumpulkan aset-aset kebudayaan di Indonesia.

Menurut kabar yang didapat dari kebudayaanIndonesia.net yang diasuh oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan didapati bahwa workshop bagi para pengguna telah dilakukan kepada perwakilan dari 34 provinsi pada minggu kedua Desember 2015 lalu. Namun nampak belum terlihat fungsi ini bisa digunakan oleh masyarakat umum. Hingga berita ini diturunkan di bulan Juli 2016, fungsi pencarian belum dapat digunakan dan didapati kabar di laman bahwa proses pengumpulan data untuk sementara dihentikan.

Inisiatif yang sebenarnya sangat baik ini seakan sekarang terhenti di tengah jalan.

Nilai-nilai budaya tradisional tak hanya sekedar menjadi data pokok bagi Kemdikbud saja, namun lebih dari itu, yakni ingin menumbuhkan kembali rasa cinta tanah air di tengah derasnya kehadiran budaya kebarat-baratan yang tengah mempengaruhi generasi muda saat ini. ~Nono Adya, Setditjen Kebudayaan Kemdikbud

Meskipun, penulis tidak sepenuhnya setuju dengan pernyataan perlawanan SetDitjen Kebudayaan yang dipengaruhi warna nostalgia dan narasi postkolonial yang diangkat. Pertanyaan berikut adalah sejauh apa data ini bisa berbicara terutama dalam pengembangan strategi kebudayaan di masyarakat terlebih untuk mengangkat nasionalisme generasi muda saat ini?

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: